Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Luar Biasa Olahraga Saat Cuaca Dingin

Fimela.com, Jakarta Hujan terus dan cuaca makin dingin, hm... rasanya paling enak bermalas-malasan di tempat tidur berselimut sambil nonton acara kesayangan. Ditemani makanan hangat pun jadi makin nikmat. Tapi ketika cuaca dingin, justru kita sangat perlu berolahraga. Olahraga saat cuaca dingin ternyata sangat penting.

Meski saat cuaca dingin kita bisa begitu malas untuk bergerak, tapi kalau kita bisa meluangkan waktu beberapa menit saja untuk olahraga, maka manfaat yang kita dapat akan sangat positif. Mengingat otot dan sendi bisa terasa lebih kencang ketika cuaca dingin, maka meningkatkan rutinitas untuk olahraga lebih rajin sangatlah diperlukan. Biar makin semangat olahraga saat cuaca dingin, yuk kita simak manfaat-manfaat yang sekiranya bisa kita peroleh berikut ini.

1. Kalori yang terbakar akan lebih banyak

Dikutip dari huffpost.com, karena saat cuaca dingin tubuh butuh usaha ekstra untuk meningkatkan suhu inti, maka kalori yang diperlukan akan bertambah. Dengan kata lain, kita bisa membakar lebih banyak kalori saat berolahraga di cuaca dingin. Meski pembakaran kalori ini pun bisa berbeda pada tiap orang, tergantung dari massa tubuh orang tersebut dan temperatur cuaca dinginnya.

2. Memperkuat jantung

Cuaca dingin bisa membuat jantung harus bekerja lebih keras untuk menyalurkan darah ke seluruh tubuh. Untuk memperkuat kinerja jantung, kita bisa mengimbanginya dengan melakukan olahraga. Olahraga kardio teratur bisa membuat otot-otot jantung lebih kuat.

3. Kekebalan tubuh meningkat

Dikutip dari health.harvard.edu, Harvard Medical School menyebutkan bahwa olahraga bisa jadi salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Apalagi kalau orang di dekat kita sakit flu atau pilek, maka kita akan rentan terluar. Daripada hanya diam di dalam ruangan bersama orang yang membuat kita terlalu penyakit, mending kita menggerakkan tubuh untuk olahraga demi meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Mencegah kenaikan berat badan

Saat hujan sepanjang hari atau cuaca dingin, aktivitas yang paling menyenangkan adalah makan. Kalau kita melampiaskan diri menggunakan makanan untuk membuat diri nyaman saat cuaca dingin, bisa-bisa berat badan akan naik. Nggak mau kan kalau jadi tambah gemuk saat cuaca dingin seperti ini?

5. Menghalau rasa stres dan galau

Kalau nggak mau melow atau galau saat musim hujan, segera luangkan waktu untuk olahraga. Berolahraga saat cuaca dingin bakal membuat tubuh bekerja lebih ekstra keras agar hangat. Hal ini bisa memengaruhi produksi endorfin yang ikut meningkat. Sehingga suasana hati bisa lebih baik. Stres berkurang dan hati jadi terasa lebih bahagia.

Sekarang makin semangat kan untuk olahraga? Jangan lupa untuk melakukan pemanasan dulu sebelum olahraga, ya. Karena kalau langsung memaksakan diri melakukan gerakan olahraga yang intens tanpa pemanasan, otot bisa berisiko cedera.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading