Sukses

Lifestyle

Selain Baju Lebaran dan Tiket Mudik, Manfaatkan THR untuk Ini!

Sejak tanggal 8 Maret 2016, Kementerian Ketenagakerjaan dan Transmigrasi sudah menetapkan bahwa karyawan yang baru bekerja pun berhak mendapat THR (Tunjangan Hari Raya). Namun, jumlah THR yang diterima tentu tidak sama dengan karyawan yang sudah bekerja selama satu tahun. Perhitungan THR: masa kerja /12 bulan x gaji 1 bulan. Nah, Ramadan tahun ini, apa yang akan kamu lakukan setelah menerima THR? Selain belanja baju Lebaran dan tiket mudik, beberapa ide ini bisa kamu lirik:

Lunasi Hutang dengan THR Agar Tentram
Segera lunasi hutang dengan uang THR/copyright unsplash.com/Niels Steeman
Saat Ramadan, banyak orang mencari ketenangan batin dan pikiran. Agar batin dan pikiranmu senantiasa tentram bahkan setelah Lebaran, gunakan THR untuk melunasi hutang. Ayo dipikir-pikir, apa kamu ada hutang kartu kredit atau hutang pada teman, tetangga atau saudara?

Jika jumlah THRmu bisa segera melunasi hutang tersebut, Alhamdulillah! Jika tidak, setidaknya bebanmu akan berkurang. Selain hutang materi, kamu juga bisa memanfaatkan THR untuk membalas hutang jasa. Misalnya memberikan baju muslim, parsel atau kue Lebaran kepada asisten rumah tangga dan orang yang telah membantumu.

Beli Asuransi Pribadi dengan THR
Belilah asuransi untuk lebih memudahkan hidup/copyright unsplash.com/Rawpixel
Bagi yang tidak mendapat asuransi dari kantor, saatnya kamu membeli asuransi pribadi dengan THR. Mungkin sebagian dari kalian merasa sayang menggunakan THR untuk sesuatu yang tidak kasat mata, alasannya gaji sudah pas-pasan masih harus bayar asuransi. Eits, justru karena gajimu pas pasan maka kamu butuh asuransi!

Sebenarnya, pas-pasan atau tidak, asuransi sangat penting agar kamu tidak kelabakan mencari dana untuk berobat. Apalagi jika ternyata kamu harus operasi. Selain untuk diri sendiri, lakukan ini untuk keluargamu sehingga mereka tidak harus pinjam uang sana-sini untuk biaya berobatmu.

Jadi Traveler Nusantara dengan THR
Kunjungi berbagai kota di Indonesia untuk mendapatkan pengalaman baru yang mengesankan/copyright unsplash.com/Kokoh Nuradiyanto
Dari Sabang sampai Merauke, banyak sekali destinasi wisata yang indah di Indonesia. Kapan lagi kamu bisa traveling tanpa hemat makan atau nonton berbulan-bulan? Dari pada menghabiskan THR untuk buka puasabuffet styledi hotel berbintang atau belanja baju Lebaran karya desainer, perkaya dirimu dengan traveling.

Pengalaman yang kamu dapat akan menjadi bagian dari dirimu dan melekat hingga akhir hayat, lho! Beberapa destinasi di Indonesia yang akan membuat Facebook dan Instagram milikmu eksis adalah Labuan Bajo, Nias, Padang, Wakatobi, Tanjung Puting, Toraja, Wae Rebo, Raja Ampat, Morotai, Kota Tua Jakarta dan Ternate.

THR Sebagai Sumber Investasi
Investasikan THR kamu untuk sesuatu yang berharga/copyright unsplash.com/Rawpixel
Investasi di sini bisa dalam bentuk apa pun. Kamu bisa memanfaatkan THR untuk main saham, deposito, berinvestasi, sebagai modal usaha dan sebagainya. Sedikit-sedikit, setiap tahun dikumpulkan maka jadi bukit! Selain investasi materi, THR juga bisa kamu manfaatkan untuk ‘investasi pahala’.

Artinya, sisihkan sebagian THR untuk bersedekah, memberikan sumbangan pada panti asuhan atau panti jompo. Kamu juga bisa memberikan sumbangan pada organisasi seperti WWF, UNICEF dan World Vision.

Semoga informasi ini bermanfaat ya, ladies!
Sumber: iPrice Trend

(vem/mim)
Artikel Selanjutnya
8 Cara Menyantap Buka Puasa Agar Tetap Langsing di Bulan Ramadan
Artikel Selanjutnya
Waspada, Kebiasaan Buruk di Bulan Puasa Ini Bisa Mengancam Kesehatan
: