Sukses

Lifestyle

Baijigur Hingga Sekoteng, Ini Minuman Penghangat Badan Khas Indonesia

Fimela.com, Jakarta Sejak zaman dulu, Indonesia dikenal sebagai negara dengan kekayaan kuliner yang beragam. Tak hanya beragam di sisi makanan atau masakan, Indonesia juga memiliki racikan minuman yang beragam. Menariknya lagi, minuman ini punya khasiat yang menyehatkan dan menghangatkan tubuh.

Bicara mengenai minuman penghangat badan atau tubuh, inilah beberapa minuman khas Indonesia yang enak dan khasiatnya mengagumkan.

1. Bajigur

Bajigur merupakan minuman khas Jawa Barat. Bahan utama pembuatan Bajigur adalah santan dan gula aren. Tambahan jahe, daun pandang dan sedikit garam menjadikan rasa bajigur begitu enak. Bajigur biasa dikonsumsi selagi masih panas atau hangat sebagai pendamping kacang rebus, ubi rebus dan gorengan.

2. Wedang Ronde

Minuman yang bermanfaat menghangatkan badan selanjutnya ada wedang ronde. Wedang ronde terbuat dari air jahe dengan isian bola ketan warna-warni dan kacang goreng. Rasanya wedang ronde manis pedas yang enak dan menggugah selera. Wedang ronde bisa ditemukan dengan mudah di Yogyakarta dan Solo.

3. Bir Pletok

Minuman selanjutnya yang menghangatkan badan adalah bir pletok. Walau namanya bir, minuman ini tak mengandung alkohol sama sekali. Bir pletok terbuat dari rempah-rempah seperti jahe, lada, kayu secang dan sejenisnya.

4. Sekoteng

Sekoteng adalah minuman yang terbuat dari wedang jahe dengan isian kacang goreng, irisan roti tawar, mutiara merah, kacang hijau rebus dan susu. Di beberapa daerah seperti Malang, Sekoteng merujuk pada minuman yang bernama Angsle. Hanya saja, kalau angsle tidak memakai kuah air jahe tetapi kuah santan susu.

5. Bandrek

Bandrek merupakan minuman penghangat badan yang berasal dari Sunda dan Betawi. Hampir sama dengan bajigur, bandrek terbuat dari bermacam rempah seperti kayu manis, batang serai, cengkeh, gula merah, santan, kapulaga, biji ketumbar dan masih banyak lagi. Agar rasanya semakin lezat, susu kental manis menjadi bahan tambahan untuk membuat bandrek.

6. STMJ

STMJ adalah minuman yang bisa dengan mudah ditemukan di Malang, Jawa Timur. STMJ adalah minuman yang terbuat dari campuran susu, telur, madu dan jahe. Minuman ini adalah minuman penghangat tubuh sekaligus peningkat stamina.

Itulah beberapa minuman khas Indonesia yang bermanfaat menghangatkan badan. Tak hanya menghangatkan badan, minuman di atas juga sangat mengenyangkan dan menyehatkan.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading