Sukses

Lifestyle

Cara Mengatasi Adonan Roti yang Lengket karena Terlalu Lama Diistirahatkan

Fimela.com, Jakarta Membuat adonan roti yang kalis dan mengembang memang butuh latihan sendiri. Tidak semua orang bisa langsung berhasil pada percobaan pertama dalam membuat adonan roti yang sempurna. Ada yang terlalu bantat bahkan bisa sangat lengket setelah didiamkan terlalu terlalu lama.

Setelah diuleni sampai kalis, adonan roti perlu diistirahat agar mengembang. Tahapan ini disebut dengan proofing atau pengistirahatan adonan setelah profesi fermentasi berlangsung. Adonan pun bisa mengembang maksimal. Tapi kalau terlama lama diistirahatkan (over proofing), adonan roti bisa jadi lengket. Adonan bisa jadi sangat lembek dan sulit dibentuk.

Cara mengatasi adonan roti yang lengket karena terlalu lama diistirahatkan ternyata cukup mudah. Mungkin kita berpikir untuk menambahkan tepung terigu agar adonan lebih mudah dibentuk. Menambahkan tepung memang bisa membantu untuk mengatasi adonan yang terlalu lengket. Tapi ada cara yang lebih simpel untuk mengatasinya, yaitu dengan melumuri telapak tangan kita dengan margarin. Lumuri telapak tangan kita dengan margarin secukupnya. Lalu pegang adonan untuk kemudian kita bentuk dan timbang sesuai dengan kebutuhan.

Mendiamkan adonan terlalu lama setelah diuleni memang bisa menyebabkannya jadi sangat lembek dan lengket. Jadi, penting sekali untuk tidak sampai terlalu lama mengistirahatkkanya, ya. Karena kalau sudah over proofing bakal membuat kita harus berusaha keras lagi dalam membentuk dan mengolahnya.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Beragam Ide Perayaan Akhir Tahun yang Menyenangkan di Jakarta