Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Brokoli untuk Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Setiap sayuran memiliki fungsinya masing-masing sesuai dengan kandungan yang ada di dalamnya. Salah satu jenis sayur yang memiliki kandungan dan sangat bermanfaat bagi tubuh yaitu brokoli.

Sayuran berwarna hijau yang memiliki bentuk seperti kembang kol ini memang kurang begitu memiliki rasa sedap seperti sayuran pada umumnya, sehingga banyak anak yang kurang menyukai brokoli. Bahkan jika masih mentah aroma langu bisa terhirup dari brokoli.

Namun, di balik rasanya yang kurang disukai oleh anak-anak, ternyata brokoli memiliki kandungan gizi yang melimpah dan baik untuk kesehatan tubuh. Brokoli terbukti mengandung vitamin A, B, C, D dan vitamin K, Kalsium, Zat Besi, serat, antioksidan dan mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Maka dari itu, brokoli juga banyak memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti yang dikutip dari berbagai sumber, berikut lima manfaat sayur brokoli bagi kesehatan tubuh.

1. Menjaga kesehatan kulit

Selain baik untuk kesehatan, brokoli ini ternyata juga baik dapat menjaga kesehatan kulit. Senyawa glucoraphanin dalam brokoli dapat membantu kulit memperbaiki kulit rusak yang disebabkan sinar matahari atau proses penuaan. Vitamin E yang terkandung dalam brokoli bagus untuk mempercepat proses regenerasi sel kulit mati.

2. Mengurangi berat badan

Manfaat sayur brokoli merupakan salah satu sayur yang memiliki kandungan kaya akan serat. Kandungan serat dalam brokoli mampu membuat perut menjadi terasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu, brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat membantu dalam proses diet atau penurunan berat badan.

2 dari 2 halaman

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin C dan antioksidan yang terkandung dalam brokoli dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dan antioksidan ini mampu melawan infeksi dan melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri. Selain meningkatkan kekebalan tubuh, brokoli memiliki kandungan lain yang dapat bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

4. Mengontrol kolesterol

Mengkonsumsi brokoli yang dimasak dengan direbus memiliki efek yang baik untuk kesehatan jantung dan dapat menghindarkan dari gejala sakit jantung. Kandungan serat yang ada dalam brokoli mampu mengatasi masalah menumpuknya kolesterol dalam tubuh. Sehingga aliran darah menjadi lancar dan terhindar dari penyakit jantung.

5. Mengontrol tekanan darah

Konsumsi brokoli dapat membantu untuk menjaga tekanan darah. Kandungan kalium dan magnesium yang terdapat dalam brokoli telah diketahui dapat mengontrol tekanan darah tinggi. Untuk itu, bagi penderita gangguan tekanan darah tinggi, dapat mengkonsumsi agar tekanan darah menjadi normal.

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Jenis Aromaterapi dan Manfaatnya untuk Kesehatan
Artikel Selanjutnya
Gaya Hidup Baru dengan Crystal-Infused Water Demi Kesehatan