Sukses

Lifestyle

Fungsi Kemiri dalam Masakan, Penyedap Rasa Alami hingga Pengikat Santan

Fimela.com, Jakarta Dalam beberapa resep masakan, sahabat Fimela mungkin menemukan bahan bumbu bernama kemiri. Kemiri memiliki banyak manfaat dalam berbagai keperluan sehari-hari, mulai dari masakan hingga kecantikan dan kesehatan.

Umumnya, orang pertama kali mengenal kemiri sebagai bumbu masakan, namun dalam perkembangannya, kemiri juga dimanfaatkan dalam bidang kosmetik dan kesehatan.

Dilansir dari Wikipedia, tidak diketahui secara jelas kapan tepatnya tanaman kemiri menyebar ke India, Cina hingga Asia Tenggara, tak terkecuali Indonesia. Namun perkembangannya di Indonesia cukup besar dan menjadi komoditas dagang rempah yang cukup dipertimbangkan.

Dalam masakan, kemiri berfungsi sebagai pengental kuah sekaligus membantu menguatkan aroma sedap dan rasa makanan. Penggunaan kemiri juga sering disandingkan dengan santan, fungsi kemiri adalah menjaga konsistensi santan agar tidak pecah ketik dipanaskan, karena kemiri memiliki sifat mengikat santan.

Untuk membantu mengeluarkan dan mendapatkan aroma sedap yang khas pada makanan, biji kemiri disangrai atau digoreng dulu sebelum dijadikan bumbu masakan. Setelah disangrai atau digoreng, kemiri akan mengeluarkan minyak yang beraroma sedap, dan inilah yang akan membantu memberi kelezatan pada makanan.

Bisa dibilang kemiri adalah rempah yang hampir ada di setiap kuliner nusantara meski penggunaannya tidak banyak. Meski penggunaannya tidak dibutuhkan dalam jumlah besar namun peran kemiri sangat menentukan kelezatan hasil akhir makanan. Jadi lebih baik jangan menghilangkan bahan ini dari bumbu masakan ya.

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Alasan yang Bikin Naik Pesawat Kini Terasa Bahagianya
Artikel Selanjutnya
Alasan Suami Penting Membersihkan Mr P Setelah Berhubungan Intim