Sukses

Lifestyle

5 Ciri Kepribadian ISFJ, si Teliti yang Kurang Suka Perubahan

Fimela.com, Jakarta ISFJ (introverted, sensing, feeling, judging) merupakan satu dari 16 tipe kepribadian dari tes psikologi Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). MBTI dikembangkan oleh Isabel Meyers dan ibunya, Katherine Briggs bedasarkan teori-teori dari psikoanalis Carl Jung. Orang dengan kepribadain ISFJ biasanya tampak tertutup, ramah, dan bertanggung jawab.

Seperti yang dilansir dari verywellmind.com, tipe kepribadian ini merupakan tipe kepribadian yang paling umum atau banyak dimilki orang. Menurut David Keirsey, orang dengan tipe kepribadian ISFJ meliputi 9 - 14 persen populasi dunia. Secara umum tipe kepribadian ISFJ ini memiliki ciri-ciri berikut ini. Yuk, kita ungkap di sini.

1. Sangat Teliti

Orang dengan kepribadian ISFJ ini merupakan introver. Dalam kesehariannya, ia bisa begitu tampak pendiam tapi pengamat yang baik. Bisa sangat teliti memerhatikan hal-hal yang ada di sekitarnya. Sangat mudah mengingat berbagai hal yang dilihatnya pada orang lain.

2. Kurang Bisa Terbuka Menunjukkan Emosinya

Seorang ISFJ bisa sangat memahami emosi dan perasaan orang lain. Akan tetapi, dia bisa sangat kesulitan dalam mengekspresikan emosinya sendiri. Saat ada masalah, seorang ISFJ mungkin memilih untuk memendamnya sendiri. Hal ini ia lakukan karena tak mau membenani orang lain dengan masalahnya.

3. Lebih Suka Hal-Hal yang Praktis, Bukan Teoritis

Paling mudah memelajari sesuatu dengan langsung mencoba atau mempraktikannya. Dengan kata lain, mereka lebih suka belajar dengan penerapan langsung. Mereka baru akan tertarik pada hal-hal baru jika hal-hal tersebut bisa menjadi solusi atas masalah atau kondisi yang ada di dunia nyata.]

4. Kurang Suka dengan Perubahan

Seorang ISFJ bisa beradaptasi pada suatu perubahan tapi mungkin butuh wakau yang agak lama. Karena punya kecenderungan suka dengan tradisi atau hal-hal yang sudah terstruktur, orang dengan kepribadian ISFJ bakal perlu waktu untuk mempersiapkan atau menghadapi perubahan yang besar.

5. Suka dengan Keteraturan

Di berbagai aspek kehidupannya, seorang ISFJ cenderung menyukai hal-hal yang teratur. Paling menyukai hal-hal yang sudah terstruktur. Dan ia akan dengan senang hati menjaga keteraturan yang sudah ada.

Beberapa figur terkenal juga ada yang memiliki kepribadian ISFJ ini, seperti Bunda Teresa, Louisa May Alcott, Kristi Yamaghuchi, dan David Petraeus. Jadi, apakah kita termasuk yang memiliki kepribadian ISFJ ini? Atau mungkin ada orang-orang terdekat kita yang berkepribadian ISFJ? Semoga info ini bisa jadi referensi untuk mengenal diri kita lebih baik lagi.

 

;
Loading