Sukses

Lifestyle

Minyak Goreng Biasa dan Minyak Zaitun, Apa Sih Bedanya?

Fimela.com, Jakarta Minyak goreng menjadi salah satu bahan masakan yang penting ada di dapur kita. Minyak goreng adalah bahan masakan yang bisa jadi selalu digunakan setiap hari oleh semua orang. Meski begitu, tidak sedikit orang menganggap bahwa minyak goreng biasa berbahan kelapa sawit mengandung minyak jenuh yang tak baik buat kesehatan tubuh.

Karena anggapan inilah, tidak sedikit orang yang akhirnya berpindah menggunakan minyak zaitun untuk memasak. Namun, benarkah minyak zaitun lebih sehat dan baik? Apa yang membedakan minyak goreng biasa dengan minyak goreng zaitun?

Bahan Dasar Minyak

Minyak goreng biasa umumnya terbuat dari biji kelapa sawit. Minyak ini dibuat dengan cara disuling. Minyak goreng ini juga berbeda dengan minyak kelapa atau coconut oil yang terbuat dari daging buah kelapa. Sedangkan bahan dasar minyak zaitun adalah ekstrak buah zaitun. Dibandingkan dengan minyak dari biji sawit dan minyak kelapa, minyak zaitun mengandung lemak jenuh yang lebih sedikit.

Rasa dan Tekstur

Minyak goreng baisa memiliki warna kuning keemasan. Minyak ini memiliki tekstur yang lebih cair dan bening. Sedangkan minyak zaitun memiliki warna emas kekuningan bahkan kehijauan. Teksturnya cukup kental dan lebih berminyak atau pekat.

Kandungan Nutrisi dan Pemakaiannya

Minyak goreng biasa mengandung asam lemak jenuh sebanyak 85-90%. Sedangkan minuak zaitun kandungan lemak jenuhnya kurang dari itu. Untuk memasak, minyak goreng biasa bisa digunakan pada suhu yang tinggi sedangkan untuk minuak zaitun sebaiknya tidak dimasak dalam suhu yang tinggi.

Baik minyak goreng biasa atau sawit maupun minyak zaitun keduanya sama-sama menyehatkan tubuh. Keduanya juga tidak akan berpengaruh buruk pada kesehatan selama dikonsumsi dalam jumlah cukup atau tidak berlebihan. Well Sahabat Fimela, itulah perbedaan minyak goreng biasa dengan minyak zaitun. Yuk, semakin bijak dalam mengonsumsi minyak maupun aneka bahan masakan lainnya di sekitar kita.

;
Loading