Sukses

Food

5 Fungsi Penting Kecap Ikan dalam Masakan

Fimela.com, Jakarta Ada banyak bumbu dapur yang dipergunakan dalam berbagai macam masakan, salah satunya adalah kecap ikan. Kecap ikan memiliki tekstur cair dan lebih bening jika dibandingkan kecap manis maupun kecap asin yang hitam. Dikemas dalam bentuk botol-botol dan digunakan sedikit saja.

Kecap ikan dibuat dari fermentasi ikan untuk mendapatkan sari ikan dan cita rasa ikan yang nikmat. Namun apa sebenarnya fungsi kecap ikan?

 

1. Memperkaya Rasa Masakan

Kecap ikan memiliki peran penting dalam masakan terutama menjadi penyedap sekaligus memperkaya rasa. Rasanya yang asin dengan aroma menyengat adalah kelebihan yang dimiliki kecap ikan sebagai penyedap rasa.

2. Meningkatkan Rasa Sedap Olahan Bogabahari

Umumnya kecap ikan dimanfaatkan sebagai tambahan bumbu oseng, tumis, atau berbagai varian makanan lainnya yang termasuk oriental seperti makanan Jepang, Tiongkok atau peranakan.

Beberapa makanan yang menggunakan kecap ikan seperti sushi, shabu-shabu, tumis kangkung, membuat kimchi, sapo tahu, bakso ikan, dan lain sebagainya yang berbasis ikan atau makanan laut.

3. Meningkatkan Rasa Gurih

Dibandingkan saus ikan, kecap ikan punya aroma yang tidak terlalu tajam. Selain itu meski agak mirip saus ikan, kecap ikan punya tekstur yang lebih encer. Kecap ikan punya fungsi untuk membuat masakan jadi terasa lebih gurih tanpa terlalu mendomninasi rasa alami bahan-bahan yang digunakan dalam olahan.

 

4. Menghemat Bumbu

Kecap ikan punya aroma dan rasa yang sangat khas. Ada rasa asin dan aroma gurih ikan. Saat membuat tumisan, kecap ikan bisa jadi bahan andalan untuk membuat tumisan terasa sedap tanpa menggunakan banyak bahan lainnya. Kecap ikan juga bisa dijadikan bahan untuk saus cocolan atau bumbu marinasi untuk memperkaya rasa.

 

 

5. Membuat Olahan Nasi Lebih Enak

Saat membuat nasi goreng atau bubur ayam, kita bisa menambahkan kecap ikan untuk membuat rasanya lebih enak dan lebih kuat. Olahan nasi goreng yang ditambah kecap ikan juga akan disukai anak-anak karena gurih dan tidak pedas.

Jadi, jika kebetulan sedang kehabisan penyedap rasa, kecap ikan bisa jadi pengganti penyedap rasa yang tak kalah enak.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading