Sukses

Lifestyle

Ini Fungsi Penting Kecap Ikan dalam Masakan

Fimela.com, Jakarta Ada banyak bumbu dapur yang dipergunakan dalam berbagai macam masakan, salah satunya adalah kecap ikan. Kecap ikan memiliki tekstur cair dan lebih bening jika dibandingkan kecap manis maupun kecap asin yang hitam. Dikemas dalam bentuk botol-botol dan digunakan sedikit saja.

Kecap ikan dibuat dari fermentasi ikan untuk mendapatkan sari ikan dan citarasa ikan yang nikmat. Namun apa sebenarnya fungsi kecap ikan? Kecap ikan memiliki peran penting dalam masakan terutama menjadi penyedap sekaligus memperkaya rasa. Rasanya yang asin dengan aroma menyengat adalah kelebihan yang dimiliki kecap ikan sebagai penyedap rasa.

Umumnya kecap ikan dimanfaatkan sebagai tambahan bumbu oseng, tumis, atau berbagai varian makanan lainnya yang termasuk oriental seperti makanan Jepang, Tiongkok atau peranakan.

Beberapa makanan yang menggunakan kecap ikan seperti sushi, shabu-shabu, tumis kangkung, membuat kimchi, sapo tahu, bakso ikan, dan lain sebagainya yang berbasis ikan atau makanan laut.

Jadi, jika kebetulan sedang kehabisan penyedap rasa, kecap ikan bisa jadi pengganti penyedap rasa yang tak kalah enak.

Loading
Artikel Selanjutnya
10 Tanda Kematian Akan Menjemput