Sukses

Lifestyle

5 Makanan Asal Indonesia yang Mirip dengan Makanan Asal Malaysia

Fimela.com, Jakarta Sebagai negara serumpun, Indonesia dan Malaysia memiliki banyak kemiripan. Kemiripan ini mulai dari budaya hingga kulinernya. Sehingga tidak heran, jika selama ini kita melihat ada banyak hal yang seolah sama di kedua negara ini. Meski begitu, ternyata kesamaan itu tetap memiliki perbedaan Sahabat Fimela. Seperti halnya beberapa makanan berikut ini.

Beberapa makanan tradisional masing-masing negara sering dikira sama namun ternyata berbeda. Apa saja makanannya? Simak yang berikut.

Pesambur dan Gado-Gado

Pesambur dan Gado-Gado

Jika di Indonesia ada gado-gado yang sering dikenal sebagai saladnya orang Indonesia, maka di Malaysia ada pasembur. Kedua makanan ini nyaris sama satu sama lain. Gado-gado merupakan makanan khas Jakarta sementara Pasembur adalah makanan khas Penang, Malaysia.

Nasi Kerabu dan Nasi Pecel

Makanan asal Indonesia yang mirip dengan makanan asal Malaysia adalah Nasi pecel. Di Malaysia, ada sajian seperti nasi pecel dengan nama nasi kerabu. Yang membedakan dari dua makanan ini adalah nasinya. Jika di Indonesia nasi yang digunakan adalah nasi putih, maka di Malaysia nasi biru yang diwarnai dengan pewarna alami kelopak bunga telang.

Apam Balik dan Martabak Manis

Apam Balik dan Martabak Manis

Makanan yang mirip selanjutnya ada martabak manis dan apam balik. Di Malaysia, apam balik merupakan pancake tradisional setempat yang bertaburkan gula dan kacang. Apam balik sangat mirip dengan makanan asal Indonesia yang populer yakni Martabak manis.

Kek Lapis Sarawak dan Lapis Legit

Kek lapis sarawak dan lapis legit merupakan makanan asal Malaysia dan Indonesia yang sangat mirip antara satu sama lain. Jika lapis legit asal Indonesia umumnya berwarna cokelat kekuning-kuningan, di Malaysia kek lapis serawak lebih warna-warni. Bentuk kek lapis pun lebih beragam mulai dari kotak, bulat, bentuk hati atau karakter lainnya.

Rendang

Rendang

Makanan dari dua negara yang sangat mirip satu sama lain adalah rendang. Namanya juga sama. Namun jangan salah Sahabat Fimela, rendang asal Indonesia ternyata berbeda dengan rendang asal Malaysia. Jika di Indonesia rendang dimasak dalam waktu lama hingga kuah asat, rendang di Malaysia dimasak menggunakan kerisik atau kelapa parut.

Itulah beberapa makanan asal Indonesia yang sangat mirip dengan makanan asal Malaysia. Selain makanan di atas, ada beberapa makanan lain yang juga mirip. Antaranta nasi lemak dan nasi uduk serta nasi kandar dan nasi padang.

Meski sekilas sama, makanan-makanan di atas ternyata berbeda ya. Semoga informasi seputar kuliner ini bermanfaat.

Simak Juga Video Ini:

Loading