Sukses

Lifestyle

Mana yang Lebih Baik, Ikan Air Laut atau Ikan Air Tawar?

Fimela.com, Jakarta Ketika menentukan makanan mana yang lebih sehat, ikan pasti menjadi salah satu pilihan terbaik untuk memenuhi protein, lemak sehat, vitamin dan mineral tubuh. Tapi ada dua jenis ikan yang kita kenal dijual di pasar, yaitu ikan air tawar dan ikan air laut. Kira-kira manakah yang lebih baik?

Ikan Air Tawar

1. Rasa: Ikan air tawar membutuhkan banyak bumbu agar rasa dagingnya gurih dan lezat, jika tidak, dagingnya akan terasa seperti tanah atau lumpur.

2. Gizi: Kandungan kalsium ikan air tawar lebih tinggi dibanding ikan air laut, beberapa jenis bahkan memiliki kandungan folat dan vitamin A lebih tinggi dibanding ikan laut. Ikan patin misalnya, memiliki omega-3 tinggi, atau ikan gabus yang mengandung globulin tinggi.

3. Duri: Hidup di arus tenang, duri cenderung kecil dan banyak.

4. Harga: Lebih murah, karena mudah dibudidayakan.

Ikan Air Laut

1. Rasa: Ikan air laut cenderung lebih gurih secara rasa karena pengaruh garam atau sodium di laut, meski sebenarnya justru tubuh ikan laut tak menyerap sodium.

2. Gizi: Lebih tinggi kandungan asam lemak omege-3 dibanding ikan air tawar. Kandungan DHA dan EPA ikan air laut juga lebih tinggi, kandungan yang dibutuhkan untuk perkembangan otak anak yang sehat. Namun harus hati-hati karena ada risiko bahaya merkuri.

3. Duri: Hidup di arus deras, duri ikan air laut lebih tebal dan besar namun jarang.

4. Harga: Lebih mahal, karena harus mendapatkannya dari laut.

Itu dia sekian perbedaan antara ikan air laut dan air tawar. Kira-kira manakah yang lebih baik? Setiap jenis memiliki kelebihan sendiri, dan akan lebih baik jika mengonsumsi secara seimbang.

Simak juga video ini

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading