Sukses

Lifestyle

Menikmati Segarnya Es Kopi, Ini 3 Manfaatnya untuk Tubuh

ringkasan

  • Kandungan Asam Es Kopi Lebih Sedikit
  • Es Kopi Mengandung Kafein yang Lebih Sedikit
  • Es Kopi Bantu Mencegah Serangan Jantung

Fimela.com, Jakarta Mengonsumsi kopi dalam kadar yang cukup bisa memberi sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari membantu meredakan stres dan depresi, menurunkan risiko terkena penyakit diabetes, dan meningkatkan daya konsentrasi. Kopi pun bisa dikonsumsi dengan diseduh air panas atau ditambah dengan es batu.

Bagi yang lebih suka menikmati es kopi daripada kopi panas, ada sejumlah manfaat sehat yang bisa didapatkan oleh tubuhmu. Atau bila selama ini sudah terlalu sering minum kopi hangat dan ingin mencoba yang lebih menyegarkan dengan es kopi, mungkin sekarang adalah saat yang tepat untuk mencobanya.

Kandungan Asam Es Kopi Lebih Sedikit

Dr. Maheinthan Yogeswaran, seorang praktisi umum dengan Medicspots, dikutip dari bustle.com, menyebutkan bahwa kandungan asam es kopi lebih sedikit. "Es kopi lebih bisa diterima oleh sistem penceraman sehingga tidak mudah memicu sakit perut setelah meminum segelas es kopi," paparnya. Bagi yang selama ini sering merasakan sakit perut atau perut perih setelah minum kopi, mungkin bisa coba pilihan es kopi daripada kopi hangat.

Es Kopi Mengandung Kafein yang Lebih Sedikit

Kandungan kafein pada kopi bisa bervariasi tergantung dari asal muasal kita mendapatkan kopinya. Pakar kopi dan pendiri Grounds & Hounds Coffee Co., Jordan Karcher menjelaskan bahwa kopi ingin mengandung kafein yang lebih sedikit sehingga bisa cocok bagi yang ingin menikmati cangkir kedua tapi ragu. Dengan mengonsumsi lebih sedikit kafein, maka bisa mendapatkan tidur yang lebih nyenyak, hormon yang lebih seimbang pada perempuan, dan tekanan darah yang lebih rendah.

Es Kopi Bantu Mencegah Serangan Jantung

Kopi bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan karena mengandung antioksidan yang dapat melindungi kita dari berbagai jenis penyakit. Es kopi khususnya bahkan bisa bantu mencegah serangan jantung. "Es kopi ternyata memang sangat membantu karena mengandung senyawa seperti kafein, magnesium, trigonelin, dan fenolik yang dapat bekerja menstabilkan tekanan darah, meningkatkan sensitivitas insulin, dan menurunkan tekanan darah," papar Dr. Yogeswaran. Sebuah penelitian dari University of Colorado tahun 2017 menemukan bahwa minum kopi setiap minggu (terlepas dari apapun suhunya) dapat membantu menurunkan risikon terkena serangan jantung sebanyak 7%.

Imbangi juga dengan pola makan sehat untuk menjaga kebugaran tubuh. Selama dikonsumsi secukupnya dan sesuai kebutuhan, es kopi memang bisa memberi sejumlah manfaat sehat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Membuat Kopi Susu Lebih Mudah dengan Pilihan Kopi Tepat
Artikel Selanjutnya
Ayo ke Museum, Starbucks Indonesia Ajak Penikmat Kopi untuk Jelajah Museum