Sukses

Lifestyle

Jerawat Hingga Keriput, Ini Bahaya Kebanyakan Makan Gula pada Kulit!

Fimela.com, Jakarta Makan makanan manis memang menyenangkan, apalagi gula memang dibutuhkan tubuh karena mudah diubah menjadi energi tubuh. Namun konsumsinya yang berlebihan bukan hanya meningkatkan risiko diabetes, tapi juga membuat kulit berubah tak cantik.

Seperti dikatakan dokter kulit klinis Dr. Saya Obayan, MD, MPH, FAAD, dalam Insider, "Gula adalah makanan penyebab inflamasi, jadi gula menyebabkan pembengkakan di dalam tubuh." Gula yang masuk ke dalam sistem pencernaan kemudian diproses, lalu masuk ke dalam pembuluh darah dan menyebabkan inflamasi pada sel-sel tubuh.

Inflamasi karena makanan tinggi indeks glikemik seperti gula pasir, sirup, permen, soda, roti, saus salad buah dan lainnya ini akan melonjakkan insulin, dan ketika insulin naik, maka inflamasi juga akan parah pada kulit sehingga membuat kulit kemerahan dan berjerawat.

Efek Bahaya Makan Gula pada Kesehatan Kulit

Bukan hanya akan muncul jerawat dan kemerahan, naiknya insulin juga akan merusak kolagen kulit yang disebut dengan glikasi sehingga menurunkan elastistas kulit dan mempercepat penuaan seeprti timbulnya garis-garis halus dan keriput.

Proses penuaan kulit inilah yang pasti tak diinginkan setiap perempuan. Jika tak ingin hal ini terjadi lebih cepat dari seharusnya, kurangi konsumsi makanan manis sekarang juga dan lebih banyaklah minum air putih dan olahraga, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Makan Terlalu Banyak Gula, Begini 3 Cara Menetralkannya di Dalam Tubuh