Sukses

Lifestyle

Buah Apel Lebih Sehat Bila Dimakan Beserta Inti dan Bijinya

Fimela.com, Jakarta Sewaktu kecil kamu pasti pernah ditakut-takuti, kalau makan apel beserta bijinya di dalam perut akan tumbuh pohon apel, ya kan? Karena itu, tak sedikit orang yag memilih untuk mengupas apel dengan cara diiris tipis dan dibuang bagian intinya.

Sayangnya, membuang inti apel justru akan membuatmu kehilangan banyak bakteri baik yang bermanfaat untuk kesehatan perut. Melansir dari situs Bustle, para peneliti dari Universitas Teknologi Graz di Austria menganalisis bakteri dari apel yang ditanam secara konvensional dan organik, dan menemukan bahwa apel tersebut mengandung 100 juta bakteri baik yang sebagian besar ditemukan pada bijinya.

Jika kamu membuang bagian inti apel, kamu hanya mendapatkan sekitar 10 juta bakterinya. Sebagai catatan, jumlah ini akan berbeda pada tiap apel; tergantung bagaimana kondisi dan cara menanamnya. 

 

Manfaat Bakteri Pada Inti Apel

"Apel yang baru dipanen, dikelola secara organik memiliki komunitas bakteri yang jauh lebih beragam, lebih merata dan berbeda, dibandingkan dengan yang konvensional," tulis Gabriele Berg, seorang profesor di Universitas Teknologi Graz, Austria, dikutip dari Bustle.

Sebuah jurnal medis lainnya melaporkan bahwa memiliki microbiome usus beragam bisa mencegah penyakit jantung dan melindungi dari penyakit autoimun.

Nah, jika ingin mendapatkan khasiat dari bakteri dalam apel, makanlah beserta intinya. Jika ingin mendapat ragam bakteri yang lebih beragam, makanlah apel yang organik.

#GrowFearlesswith FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Alasan Kenapa Kamu Harus Konsumsi Apel dan Teh Hijau Setiap Hari
Artikel Selanjutnya
Kulit Wajah Flawless dan Sehat Berkat Apel