Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan Meningkatkan Kekebalan Tubuh yang Mudah Dilakukan

ringkasan

  • Konsumsi Bawang Putih
  • Tertawa
  • Minum Air Putih

Fimela.com, Jakarta Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, ada banyak cara yang bisa dicoba. Pada dasarnya agar tubuh tidak gampang jatuh sakit, kita perlu menerapkan sejumlah kebiasaan sehat. Tak harus mahal, kita bisa melakukan beberapa kebiasaan dari yang paling mudah dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Di tengah cuaca yang sedang tidak menentu, orang-orang terdekat yang flu, atau kesibukan yang begitu padat, kita rentan jatuh sakit. Dilansir dari bustle.com, kondisi tubuh tiap orang bisa berbeda satu sama lain. Tapi ada sejumlah kebiasaan umum yang bisa langsung dicoba untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan cukup efektif. Nggak pakai mahal pula.

1. Konsumsi Bawang Putih

Seperti yang dilansir dari bustle.com, bawang putih merupakan salah satu bahan makanan yang baik untuk sistem imun tubuh. Sebuah penelitian dari Journal of Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi ekstrak bawang putih tua tak hanya mencegah pilek dan flu, tapi juga dapat membantu mengurangi durasi serta tingkat keparahan gejalanya. Jika tak punya ekstrak bawang putih, kita bisa coba mengonsumsi makanan yang mengandung lebih banyak bawang putih.

2. Tertawa

Ini menarik, nih. Saatnya untuk membiasakan diri lebih banyak tertawa. Tertawa merupakan obat terbaik. Menurut sebuah penelitian dari Alternative Therapies in Health and Medicine, tertawa dapat mengurangi stres dan meningkatkan kadar sel-sel pembuluh alami, semacam sel-sel darah putih. Tertawa juga dapat meningkatkan detak jantung dan mengirimkan lebih banyak oksigen ke jaringan-jaringan tubuh.

 

3. Minum Air Putih

Tubuh kita, 80 persennya mengandung air. Jika kita mengalami dehidrasi, maka akan memicu respons stres yang hanya akan menurunkan respons sistem kekebalan tubuh kita. Selalu biasakan diri mencukupi kebutuhan air putih setiap harinya. Bisa dimulai dengan selalu membawa botol berisi air putih setiap kali beraktivitas.

4. Tidur Tujuh Jam setiap Malam

Sebuah penelitian dari University of Chicago menemukan bahwa orang yang hanya tidur empat jam setiap malam hanya memproduksi setengah antibodi pencegah flu lebih sedikit dibandingkan yang tidur 7,5-8,5 jam setiap malam. Untuk itu, bila cuaca sedang tak menentu atau orang-orang di sekitar kita sakit flu dan kita rentan tertular, coba biasakan untuk mendapat tidur cukup setiap malamnya demi meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Berpelukan

Sudahkah hari ini memeluk orang tercinta? Membiasakan diri berpelukan ternyata dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini didukung dari sebuah penelitian dari Carnegie Mellon University. Dalam penelitian tersebut, orang yang mendapat lebih banyak pelukan setiap hari berisiko rendah terkena serangan virus. Kontak fisik dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Berbagai cara dan kebiasaan mudah bisa dilakukan dari sekarang untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Semoga info ini bisa bermanfaat untukmu, ya. Yuk, kita jaga kesehatan dengan baik agar tidak gampang jatuh sakit.

 

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Minuman Sehat yang Bisa Membakar Semangatmu di Pagi Hari
Artikel Selanjutnya
5 Manfaat Seksi Olahraga Pilates bagi Perempuan