Sukses

Lifestyle

4 Tips Mengurangi Bau Menyengat pada Petai yang Lebih Enak Disantap

Fimela.com, Jakarta Petai memiliki bau yang khas. Bau yang khas ini dikenal cukup menyengat dan mengganggu bagi sebagian orang. Tapi bagi yang penggemar petai, bau tersebut tidak jadi masalah. Sementara bagi yang lain, bau yang terlalu menyengat kadang mengganggu selera makan.

Nah, bagi yang ingin menikmati petai tanpa terganggu dengan baunya yang terlalu menyengat, ada tips yang bisa dicoba dalam cara pengolahannya. Berikut empat tips mudah yang bisa dicoba untuk mengurangi bau menyengat petai tanpa mengurangi kelezatan rasanya.

1. Dibakar Terlebih Dahulu

Ada dua cara yang bisa dicoba. Cara pertama kita bisa langsung membakar biji petai tanpa mengeluarkannya. Cara kedua, kita bisa mengeluarkan biji petainya terlalu dahulu lalu ditusuk dengan tusuk sate baru dibakar. Petai yang dibakar memiliki aroma yang berbeda dan bau yang menyengat bisa berkurang.

2. Direndam dalam Air Garam Sampai Layu

Pernah coba cara yang satu ini? Coba rendam petai dengan air garam sampai agak layu. Setelah itu cuci bersih, kemudian olah jadi masakan atau hidangan yang kita inginkan. Oh iya, sebaiknya kulit air atuau kulit berwarna putih yang melapisi biji petai tidak dibuang, ya. Karena kulit yang membungkusnya tersebut diyakini dapat mengurangi bau petai yang menyengat.

 

3. Direbus Sampai Layu

Ini tips yang bisa dicoba khususnya bila ingin membuat sambal petai. Petai dapat direbus terlebih dahulu sampai layu. Lalu, petai yang sudah matang ini ditiriskan kemudian diolah jadi sambal.

4. Digoreng Sampai Layu

Bagi yang doyan makan petai dengan nasi, petai goreng ini wajib dicoba. Petai bisa digoreng sampai layu lalu dicocol sambal atau dinikmati dengan lauk lainnya.

Tidak terlalu susah kan tips-tipsnya? Semoga infonya bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading