Sukses

Lifestyle

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Matcha dan Green Tea

Fimela.com, Jakarta Teh menjadi salah satu asupan nutrisi yang penting buat tubuh. Mengonsumsi secangkir teh hangat bermanfaat membuat pikiran lebih rileks dan tubuh lebih segar. Bicara mengenai teh, Sahabat Fimela sudah tak asing lagi dengan varian teh berupa matcha dan green tea.

Matcha dan green tea menjadi minuman yang sangat digemari. Keduanya juga memiliki cita rasa yang lebih menggugah selera jika dibandingkan dengan teh meram, teh hitam dan teh putih.

Melansir dari laman epicmatcha.com, matcha dan green tea adalah dua jenis minuman yang berbeda. Meski keduanya nyaris sama dan serupa, keduanya adalah minuman yang memiliki perbedaan signifikan di dalamnya.

Perbedaan Matcha dan Green Tea

Matcha

Matcha diproses dengan menutup daun teh selama 20 sampai 30 hari sebelum dipetik atau dipanen. Proses ini membuat matcha memiliki warna yang gelap jika dibandingkan dengan green tea. Setelah dipanen daun dan batang daun teh dipisah kemudian ditumbuk hingga menjadi bubuk halus. Matcha memiliki cita rasa sedikit asam dan pahit serta creamy.

Dibandingkan green tea, warna matcha lebih gelap. Mengonsumsi satu cangkir matcha diibaratkan sama saja mengonsumsi 3 cangkir green tea. Matcha bisa dikonsumsi sebagai minuman, es krim pudding dan beragam makanan lainnya. Karena prosesnya yang cukup ribet dan kandungan nutrisi yang mengesankan, harga matcha lebih tinggi dibandingkan dengan harga green tea.

Matcha dipercaya bermanfaat membakar lemak dalam tubuh lebih baik, menjernihkan pikiran, mencegah kanker, meningkatkan konsentrasi dan menangkal radikal bebas.

 

Green Tea

Green tea diproses seperti teh pada umumnya. Setelah dipanen, daun teh dipotong hingga membentuk potongan kecil kemudian dikeringkan. Green tea disajikan dengan cara diseduh dengan air panas.

Rasa green tea lebih ringan dan segar. Warna green tea lebih bening kekuning-kuningan. Dibanding matcha, warna green tea mirip dengan teh pada umumnya. Kandungan nutrisi pada green tea lebih ringan jika dibandingkan dengan kandungan nutrisi pada matcha.

Green tea bisa dikonsumsi sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari. Green tea juga memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan matcha.

Itulah perbedaan matcha dan green tea. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kita tak salah lagi dalam membedakan kedua minuman ini ya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading