Sukses

Lifestyle

Cara Membuat Kaldu Jamur Homemade Pengganti MSG

Fimela.com, Jakarta Meski sehat dan mudah dijadikan penyedap rasa, namun beberapa orang ada yang memilih menggunakan kaldu jamur untuk masakan yang lebih gurih alami. Salah satu bahan makanan yang bisa memberikan rasa gurih makanan adalah kaldu.

Kaldu umumnya dibuat dari daging sapi, ayam atau ikan, namun ada juga sayuran yang memiliki rasa gurih alami yang juga bisa dijadikan kaldu, yaitu jamur.

Jamur yang paling baik digunakan adalah jamur shitake, karena memiliki rasa paling gurih. Kaldu jamur bisa dibeli di toko dalam bentuk bubuk, namun jika ingin membuat sendiri di rumah juga bisa. Ini dia cara membuatnya.

Bahan:

  • 6 buah jamur shitake kering
  • 1 buah bawang bombay, cincang
  • 1200 ml air
  • garam dan minyak secukupnya

Cara Membuat:

  1. Rendam sebentar jamur shitake agar empuk, iris tipis. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak, tumis bawang bombay hingga layu dan sedap, masukkan jamur shitake dan tumis hingga matang.
  3. Proses penumisan ini akan membuat sari-sari jamur akan lebih mudah keluar dan mendapatkan rasa sedap yang maksimal.
  4. Rebus air hingga mendidih, masukkan tumisan jamur, masak hingga mendidih lagi.
  5. Tambahkan garam secukupnya hingga sedap. Jika mau bersabar, akan lebih baik jika memasak kaldu dengan api kecil agar sari-sari jamur keluar lebih maksimal.
  6. Akan lebih baik jika tidak terlalu terasa asin, apalagi jika ingin menggunakan kaldu jamur untuk berbagai keperluan dan harus disimpan di dalam keadaan beku. Taburkan 1-2 sdt garam saja, asal kaldu sudah gurih.
  7. Setelah air agak berkurang dan kaldu mengental, matikan api. Biarkan dingin dan bisa disimpan di dalam beberapa bungkus plastik atau wadah tertutup rapat. Simpan di dalam freezer.

Kaldu jamur ini cukup dilelehkan jika ingin menggunakannya. Kaldu jamur siap dijadikan pengganti MSG.

#GrowFearless with FIMELA

Loading