Sukses

Lifestyle

15 Cara Menenangkan Hati yang Gelisah dan Pikiran yang Kacau menurut Islam

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti pernah merasakan hati yang gelisah oleh karena masalah yang dihadapinya. Hati yang gelisah menimbulkan pikiran yang kacau, yang terus berpikir negatif bahkan bisa mempengaruhi setiap keputusan yang kamu ambil.

Jangan biarkan hati gelisah dan pikiran kacau terus-menerus, karena bisa memicu tejadinya stres. Untuk itu, berikut ini kami rekomendasikan cara menenangkan hati yang gelisah dan pikiran yang kacau.

 

Cara Menenangkan Hati dan Pikiran

Setiap orang pasti pernah mengalami suatu titik dimana hati dan pikiran begitu gelisah karena berbagai masalah yang dihadapi. Namun, kamu tak perlu kuatir. Kami akan merekomendasikan cara menenangkan hati dan pikiran yang bisa kamu coba di rumah.

Jangan menyalahkan diri sendiri

Manakala mengalami masalah, cara menenangkan hati dan pikiran yakni dengan tidak menyalahkan diri sendiri. Jika memang kamu berbuat kesalahan, cobalah untuk memaafkan dirimu dan jangan terus-menerus menyiksa batinmu. Maafkan diri sendiri, kemudian perbaikilah dirimu agar menjadi lebih baik lagi.

Relaksasi pikiran

Salah satu cara menenangkan hati dan pikiran yakni dengan merelaksasi pikiran, kamu bisa memilih jenis olahraga yoga. Gerakan dalam yoga berguna merenggangkan otot tubuh, melancarkan aliran darah serta menenangkan sistem saraf.

Yoga bisa juga mengurangi kecemasan dan menghilangkan pikiran yang tegang, bahkan menjaga kesehatan fisik dan rileksasi pikiran.

Lakukan refreshing

Melakukan refreshing bisa menjadi pilihan cara menenangkan hati dan pikiran. Beristirahatlah sejenak dari rutinitasmu, kemudian lakukan perjalanan untuk menenangkan hati dan pikiran. Tak harus pergi ke tempat mahal, kamu tetap bisa melakukan refreshing hanya dengan camping di halaman rumah bersama dengan teman-temanmu. Sederhana bukan?

Cara Menenangkan Hati dalam Islam

Ketenangan hati menjadi dambaan bagi tiap orang. Pada kenyataannya, memiliki hati dan pikiran yang tenang tidak mudah dicapai. Selalu ada masalah yang menghantui. Berikut adalah rekomendasi cara menenangkan hati dalam Islam.

Sholat

Salah satu cara menenangkan hati dalam Islam yakni dengan menjalankan sholat. Selain sebagai ibadah yang paling utama, setiap kalimat yang terkandung dalam bacaan sholat akan membuatmu semakin dekat dengan sang Pencipta. Selain itu, bisa menjadi sarana penangkal berbagai penyakit hati dan pikiran.

Membaca surat yassin

Membaca surat Yassin bisa kamu jadikan cara menenangkan hati dalam Islam. Al-Quran telah diturunkan sebagai pedoman hidup bagi tiap umatnya. Jika kamu ingin menenangkan hati dan pikiran, maka bacalah surat Yassin setiap kali selesai melaksanakan sholat wajib.

Biasakan diri dalam keadaan suci dari najis (Wudlu)

Membiasakan diri dengan berwudlu sebelum melakukan sesuatu bisa menjadi alternatif cara menenangkan hati dalam Islam. Berwudlu merupakan metode untuk menyucikan diri dari najis, namun bisa kamu terapkan sebelum beraktivitas agar hatimu bisa menjadi tenang.

Perbanyak melakukan sholat sunnah

Salah satu cara menenangkan hati dalam Islam yakni dengan memperbanyak melakukan sholat sunnah. Selain sholat wajib, sholat sunnah bisa memberikan pahala dan memberikan ketenangan pada hati dan pikiran. Lakukanlah sholat sunnah seperti sholat tahajud, sholat dhuha, sholat taubat, sholat hajat dan sebagainya.

Perbanyak istighfar dan berdzikir

Cara menenangkan hati dalam Islam bisa dengan memperbanyak istighfar dan berdzikir. Jika kamu ingin mendapatkan ketenangan hati, ada dua kalimat mustajab yang bisa kamu praktikkan yakni:

  1. Hasbunallah Wa Ni'mal Wakil
  2. La Haula Wala Quwwata Illa Billah

Cara Menenangkan Hati dan Pikiran yang Kacau

Hati dan pikiran yang kacau bisa timbul karena masalah dalam pekerjaan, rumah tangga, maupun masalah kesehatan. Kamu tidak boleh memendam hal tersebut karena justru bisa menimbulkan masalah baru. Berikut adalah tips cara menenangkan hati dan pikiran yang kacau agar tidak semakin berlarut-larut.

Singkirkan beban yang tidak perlu

Cara menenangkan hati dan pikiran yang kacau yakni dengan menyingkirkan beban yang tidak perlu. Jangan sampai beban yang kamu rasakan justru mengganggu pikiranmu. Usahakanlah mengambil energi positif dari orang-orang di sekitarmu agar memberikan pengaruh yang baik pula.

Hentikan berpikir buruk

Menghentikan pikiran buruk bisa menjadi salah satu cara menenangkan hati dan pikiran yang kacau. Berdiamlah sejenak dengan melakukan teknik pernapasan, untuk membuat pikiranmu terbebas dari hal-hal yang mengganggu.

Bangunlah dinding pelindung

Membangun dinding untuk melindungi diri sendiri bisa menjadi cara menenangkan hati dan pikiran yang kacau. Lingkungan sekitar bisa menimbulkan pikiran yang gelisah. Untuk itu ada baiknya kamu membatasi diri dari orang-orang yang bisa menimbulkan kegelisahan bagi dirimu.

Menanamkan rasa syukur

Cara menenangkan hati dan pikiran yang kacau yakni dengan mengambil waktu untuk berdiam sejenak. Sisihkan waktu tenang untuk kembali mengingat-ingat hal kecil yang ada di sekelilingmu. Bersyukurlah dengan apa yang ada, agar pikiranmu kembali tenang.

Cara Menenangkan Hati yang Gelisah

Hati yang gelisah membuatmu tidak dapat beristirahat, sehingga rasa cemas akan berputar-putar dan membuat emosimu menjadi tidak stabil. Untuk itu, berikut akan kami bagikan cara menenangkan hati yang gelisah.

Tetap berpikir positif

Ketika hatimu gelisah, pikiranmu hanya akan dipenuhi dengan pikiran-pikiran negatif. Cobalah cara menenangkan hati yang gelisah dengan tetap berpikir positif agar dirimu bisa merasa tenang dan tentram.

Ambillah waktu tenang

Cara menenangkan hati yang gelisah yakni dengan mengambil waktu tenang. Setidaknya ambillah waktu 1-2 jam untuk menenangkan diri. Bersantailah dalam keheningan, buanglah suara negatif yang muncul dalam dirimu, supaya tubuhmu dilingkupi rasa tenang dan damai.

Mengobrol untuk mengeluarkan isi hati

Salah satu cara menenangkan hati yang gelisah yakni dengan mengeluarkan isi hati. Kamu bisa mengobrol dengan pasangan, orang tua, sahabat, atau siapapun yang kamu percayai.

Jangan menyimpan sendiri beban yang membuatmu gelisah. Berbagi isi hati bisa membuatmu lebih lega, bahkan kamu bisa saja mendapatkan solusi dari obrolan yang kamu lakukan.

 

Ada banyak cara menenangkan hati agar terbebas dari hati yang gelisah dan pikiran kacau. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

 

(Olivia Lidya Elsanty/dikutip dari berbagai sumber)

Loading