Sukses

Lifestyle

Tips dan Cara Membersihkan Lidah Sapi Sebelum Dimasak

Fimela.com, Jakarta Banyak orang mungkin lebih umum menggunakan daging sapi untuk berbagai olahan makanan, tak banyak yang familiar dengan lidah sapi, padahal dagingnya sangat enak dimasak dengan teksturnya yang keras cenderung kenyal dan tidak berserat. Namun sebelum mencoba mengolah lidah spai, ketahui dulu cara membersihkannya dengan tepat.

1. Hilangkan lendirnya

Cuci bersih lidah sapi dengan air mengalir. Jika masih berlendir, lumuri dengan garam atau cuka secukupnya, lalu biarkan beberapa saat. Kemudian gosok dan bilas bersih hingga lendirnya hilang.

2. Menghilangkan bau lidah

Rebus air untuk memasak lidah sapi yang mentah. Bisa direbus dalam keadaan utuh. Rebus selama 10-15 menit atau hingga warnanya berubah. Angkat ketika sudah cukup direbus. Tambahkan daun salam, serai, dan jahe untuk menghilangkan baunya.

3. Kupas kulit luarnya

Sebelum diangkat, sobek kecil bagian kulit lidah, jika sudah mudah dikupas, angkat dari air rebusan. Segera kupas kulit luarnya yang keras dan sekaligus bagian yang mengandung bau tak sedap. Jangan terlalu lama merebus lidah untuk pertama kali karena jika terlalu lama, kulit bisa melekat pada daging lidah dan justru sulit dikupas. Kupas dalam keadaan masih hangat karena akan lebih susah jika dikupas saat sudah dingin.

4. Mengempukkan daging lidah

Rebus lagi lidah dengan air mendidih baru sebelum diolah untuk mengempukkan tekstur daging. Cukup 15-20 menit saja. Tiriskan dan potong-potong sesuai kebuthan.

Selesai deh, itu dia tips dan cara membersihkan lidah sapi sebelum diolah jadi berbagai masakan. Semoga bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading