Sukses

Lifestyle

Seringnya Dibuat Bingung, Gimana Sih Caranya Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat

Fimela.com, Jakarta Siapa sih yang ingin sakit? Sayangnya, datangnya gangguan kesehatan terkadang nggak bisa diprediksi dan mampu membuat kondisi keuangan jadi berantakan dalam waktu singkat. Dari yang terpaksa menguras tabungan hingga meminjam uang, risiko gangguan finansial itu sebenarnya bisa dihindari dengan memiliki asuransi kesehatan.

Tapi, masih banyak yang merasa memilih Asuransi bukan sebagai prioritas dan kebutuhan. Selain pilihannya yang beragam, Asuransi sering dianggap sulit untuk dimengerti, beda dengan gadget yang user-friendly dan bisa dikuasai dalam semalam, fitur asuransi dianggap kompleks dan membingungkan. Jangan biarkan hal ini menghalangimu dari melindungi kondisi finansial dengan tips-tips berikut ini.

Sesuaikan manfaat asuransi dengan kebutuhan

Banyaknya produk asuransi membuatmu bingung menentukan mana yang tepat. Sebagai pertimbangan pertama, kenali betul apa yang jadi kebutuhan utamamu sehingga manfaat yang didapat juga lebih maksimal.

Pertimbangkan manfaat yang diperlukan misalnya rawat inap, rawat jalan, perawatan gigi, persalinan dan perlindungan penyakit kritis. Selain itu juga perhitungkan nilai pertanggungan yang ingin didapat, misalnya kelas kamar untuk manfaat rawat inap, pertanggungan biaya persalinan dan juga pertanggungan penyakit kritis.

Yang nggak kalah penting adalah pilih sesuai budget yang dimiliki, misalnya 10-15 persen dari total pendapatan.

Manfaat kesehatan yang komprehensif dengan limit yang sesuai

Pilihan Asuransi kesehatan sangat beragam. Oleh sebab itu kita harus cermat dalam memilih manfaat yang ditawarkan. Pilih Asuransi kesehatan yang memiliki manfaat yang lengkap dengan limit pertanggungan yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan.

Misalnya, manfaat yang ditanggung apakah sudah lengkap sehingga bisa mencakup kebutuhan kamu, selain itu limit tahunan yang dipilih apakah sudah sesuai dan diperhitungkan dengan kenaikan biaya medis yang cenderung naik setiap tahunnya.

Layanan tambahan yang memudahkan saat pengobatan

Beberapa produk asuransi menawarkan layanan perlindungan tertentu di luar layanan standar yang diberikan, tentunya dengan mengenakan sejumlah biaya tambahan. Tapi sistem tersebut cukup menguntungkan, karena bisa mendapatkan layanan paling lengkap. yang dimaksud dengan layanan tambahan misalnya, fasilitas layanan saat kamu melakukan pengobatan di luar negeri, layanan konsultasi dengan dokter melalui aplikasi yang bisa membantu kapan saja dan dimana saja, dan masih banyak lagi jenis fasilitas dan layanan tambahan yang ditawarkan oleh perusahaan Asuransi.

Nilai pertanggungan disesuaikan dengan perkiraan tingkat inflasi biaya kesehatan

Seperti biaya pendidikan, biaya kesehatan pun mengalami inflasi yang menurut data mencapai 8% dalam tiga tahun terakhir. Oleh karena itu, jadikan hal ini sebagai salah satu pertimbangan dalan menentukan limit tahunan dari Asuransi kesehatan yang akan kamu pilih. Jangan sampai limit tahunan kamu nggak cukup untuk menanggung sampai masa pelindungan polis kamu selesai.

Pastikan kita memahami manfaat yang ditanggung oleh perusahaan asuransi

Paling penting yang perlu kamu lakukan saat memiliki Asuransi kesehatan adalah, membaca dan memahami isi polis Asuransi kesehatan kamu. Teliti dan tanyakan kepada perusahaan asuransi dan agen asuransi kamu apa saja yang akan ditanggung dan apa yang tidak ditanggung dalam polis Asuransi.

Dengan memahami isi polis, ini akan membantu kamu saat kamu akan mengajukan klaim Asuransi, jadi bisa terhindar dari penolakan klaim.

Sekarang sudah nggak bingung kan memilih Asuransi kesehatan? Supaya makin jelas, segera dapatkan informasi lengkap tentang Asuransi kesehatan di sini!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading