Sukses

Lifestyle

4 Manfaat Senam Aerobik bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

Fimela.com, Jakarta Bagi yang belum pernah mencoba senam aerobik, ini saat yang tepat untuk memulainya. Manfaat senam aerobik tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, melainkan juga untuk kesehatan mental. Senam aerobik bisa memberi manfaat untuk kesehatan jantung, otak, paru-paru, tubuh dan pikiran kita.

Senam aerobik melibatkan sistem kardiovaskuler kita. Memperlancar aliran darah untuk disalurkan ke otot-otot tubuh yang digunakan saat latihan senam aerobik. Berikut beberapa manfaat senam aerobik yang sangat baik untuk tubuh dan pikiran kita. Langsung saja simak di sini, ya.

1. Mengurangi Stres dan Rasa Cemas

Dilansir dari fitandme.com, olahraga aerobik sederhana bisa bantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Saat melakukan olahraga aerobik seperti senam, otak akan mengeluarkan senyawa yang disebut dopamin. Dari pelepasan dopamin tersebut, akan tercipta perasaan bahagia. Membuat pikiran terasa lebih rileks.

2. Mencegah Kegemukan

Olahraga aerobik merupakan salah satu olahraga paling efektif dalam menjaga berat badan tubuh. Olahraga aerobik rutin dapat meningkatkan detak jantung dan menambah energi tubuh. Bila dilakukan selama 30 hingga 60 menit per hari, maka jumlah kalori yang terbakar akan cukup banyak. Diimbangi dengan pola makan sehat, maka berat badan bisa lebih terjaga dan tidak mudah gemuk.

 

3. Mengurangi Risiko Terkena Sejumlah Penyakit

Serangan jantung, stroke, dan gangguan jantung lainnya bisa disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Diabetes, penyakit pernapasan, dan gangguan sendi bisa disebabkan oleh kegemukan. Olahraga aerobik seperti senam dapat membantu menjaga kestabilan tekanan darah dan berat badan tubuh. Dengan begitu, senam aerobik bisa menjadi salah satu jenis olahraga efektif untuk mencegah munculnya sejumlah penyakit berbahaya.

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Laju metabolisme tubuh memengaruhi kemampuan tubuh dalam memproses kalori. Seperti yang kita tahu, kalori jika tidak digunakan dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Senam aerobik bisa bantu membakar kalori yang pada akhirnya membantu memperkuat fungsi metabolisme tubuh dengan lebih baik.

Bagi yang saat ini sedang bingung ingin mencoba olahraga apa, senam aerobik bisa jadi pilihan. Bila dilakukan dengan rutin dan optimal, maka hasilnya pun akan maksimal dan sangat baik untuk kesehatan tubuh serta pikiran.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Manfaat Latihan Tabata, Olahraga 4 Menitan yang Intens
Artikel Selanjutnya
Jarang Disadari, Ini 7 Manfaat Olahraga Aerobik untuk Badan