Sukses

Lifestyle

5 Tips Menjaga Berat Badan saat Liburan

Fimela.com, Jakarta Menjaga berat badan saat liburan sebenarnya tidak terlalu susah. Walau memang kontrol diri adalah hal yang paling susah untuk dilakukan, mengingat karena seringkali terbawa suasana liburan membuat kita jadi lupa mengatur pola makan. Namun, ada sejumlah tips paling dasar yang bisa dicoba untuk mencegah berat badan naik saat liburan.

Walau kadang saat liburan, energi kita cepat habis dan membuat nafsu makan bertambah, ada tips-tips sederhana yang bisa diikuti agar berat badan terjaga. Berikut lima tips paling sederhana yang bisa dicoba untuk menjaga berat badan saat liburan. Langsung saja simak di sini, ya.

1. Batasi Camilan yang Mengandung Gula

Hasrat ngemil makanan manis mungkin susah untuk dikendalikan saat liburan. Meski begitu, justru ini hal yang terpenting untuk menjaga berat badan saat liburan. Batasi camilan manis atau yang mengandung gula. Bagaimana cara mengontrol hasrat makan makanan manis? Melansir abcnews.go.com, kita bisa menggantinya dengan kayu manis. Kandungan aktif methylhydroxychalcone polymer bisa meningkatkan gula darah dalam sel tubuh. Sebuah penelitian di Journal of the American College of Nutrition menemukan bahwa selain membantu metabolisme glukosa, kayu manis juga memiliki fungsi dalam melancarkan metabolisme glukosa dan tekanan darah. Saat sarapan sebelum berangkat liburan, kita bisa menikmati menu seperti sereal yang diberi bubuk kayu manis.

2. Minum Air Putih

Saat sedang liburan atau pergi ke restoran, kadang kita ingin mencoba jenis minuman yang berbeda. Namun, hati-hati jangan sampai malah memilih minuman yang manis atau gula. Untuk amannya, pilih air putih saja. Selalu bawa botol air minum sendiri setiap kali liburan. Selain itu, dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan baik, nafsu makan pun bisa lebih terkontrol. Cobalah untuk minum sebotol air minum satu jam sebelum jadwal makan untuk menjaga nafsu makanmu.

 

3. Perbanyak Gerak

Musim liburan, berbagai tempat wisata akan ramai dan jalanan bisa lebih macet dari biasanya. Saat macet, kita memang tak bisa berbuat apa-apa selain bersabar tapi di sini tubuh jadi kurang gerak. Untuk itu, begitu sampai di tempat liburan, usahakan untuk kembali melemaskan otot-otot tubuh dan bergeraklah dengan lebih aktif. Manfaatkan kesempatan jalan-jalan untuk membuat tubuh lebih aktif dan bugar. Jangan lupa cukupi pula kebutuhan cairan tubuh agar tidak dehidrasi.

4. Kelola Stres Sebaik Mungkin

Ya, kadang liburan bisa juga meningkatkan stres. Misalnya, saat terjebak macet yang ternyata bisa berlangsung berjam-jam hingga membuat kita kesal di jalan. Siapkan mental sebaik mungkin ketika akan liburan khususnya saat menghadapi situasi yang di luar dugaan. Melansir healthline.com, saat stres hormon kortisol meningkat. Tingginya hormon kortisol ini bisa memicu kenaikan berat badan karena memengaruhi nafsu makan, seperti meningkatnya hasrat mengonsumsi makanan cepat saji. Untuk itu, berusahalah untuk tetap menjaga kondisi mental tetap stabil misalnya dengan cara latihan pernapasan.

5. Perbanyak Konsumsi Serat

Serat adalah nutrisi penting yang dapat membuat kita kenyang lebih lama. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa asupan serat yang tinggi dapat mengurangi asupan kalori sehingga membantu berat badan lebih terjaga. Maksimalkan upaya untuk memperbanyak konsumsi serat seperti dari sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan untuk menjaga nafsu makan.

Tidak terlalu susah kan upaya untuk menjaga berat badan saat liburan? Selamat berlibur dan jangan lupa untuk tetap jaga kesehatan dengan baik, ya.

 

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading