Sukses

Lifestyle

Awal Tahun Banjir, Begini Cara Menjaga Agar Tubuh Tetap Sehat

ringkasan

  • Curah hujan di beberapa wilayah Indonesia meningkat hingga menyebabkan banjir
  • Makanan hingga mencuci tangan menjadi cara mencegah penyakit akibat banjir

Fimela.com, Jakarta Mengawali awal tahun 2020, curah hujan di beberapa wilayah Indonesia meningkat hingga menyebabkan banjir. Hal ini perlu diwaspadai sebab akan timbul berbagai penyakit. 

Direktur Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan Imran Agus Nurali mengatakan, beberapa pelayanan kesehatan yang disiakan juga terkait penanganan diare, infeksi saluran napas akut, serta tifus. Ia juga mengatakan untuk memperkuat ketahanan tubuh dalam menghadapi musim hujan pada mereka yang rentan seperti bayi, dibutuhkan imunisasi.

"Campak, polio, dan sebagainya, bayi dan balita harus terlindungi. Ibu hamil juga ada imunisasinya. Dari sisi gizi juga," kata Imran dilansir dari Health Liputan6.com. Selain itu, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat disaat hujan dan banjir, dilansir dari berbagai sumber. 

1. Konsumsi makan dan minuman sehat

Hal pertama yang dilakukan adalah pastikan makanan dan minuman sehat. Rebus air hingga mendidih, atau lebih baik minum air kemasan. Perhatikan, apakah makanan terkontaminasi dengan banjir, jika ya sebaiknya tidak dikonsumsi.

 2. Perlindungan tubuh

Sebaiknya gunakan alas kaki sepatu bit dan sarung tangan ketika melintasi air banjir, agar melindungi tubuh dari luka dan infeksi. Sebab berjalan melewati daerah yang kebanjiran dapat meningkatkan risiko terkena infeksi, seperti infeksi pada luka terbuka, dermatitis, konjungtivitis, serta infeksi telinga-hidung-tenggorokan akibat air yang kotor. Penyakit lain yang juga sering dijumpai adalah diare. Dan biasakan untuk selalu mencuci kaki dan tangan menggunakan sabun.

3. Waspada luka terbuka dan gigitan nyamuk

Saat musim hujan, nyamuk berkembang biak sangat cepat. Untuk itu, waspada gigitan nyamuk yang dapat menyebabkan demam berdarah. Gunakan pelindung nyamuk yang banyak tersedia di pasaran. Jika memiliki luka sebaikanya bersihkan dengan antiseptik, kemudian luka tetap dalam keadaan tertutup. Hal bertujuan untuk menghindari luka terekspos kepada air banjir, karena luka menjadi jalur masuknya bakteri yang menyebabkan infeksi. 

4. Pola tidur dan minum vitamin

Hindari begadang, agar tubuh selalu fit. Sebab tidur dapat memulihkan kembali stamina dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Selain itu, jangan lupa minum vitamin untuk melindungi kita dari berbagai penyakit. 

#Growfearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
BMKG Himbau Waspada Banjir di Jakarta dan Beberapa Wilayah Indonesia
Artikel Selanjutnya
Intip Jasa Servis Produk Elektronik Gratis untuk Korban Banjir