Sukses

Lifestyle

3 Langkah Membuat Kering Kentang Renyah yang Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Kering kentang atau kentang mustofa merupakan salah satu jenis lauk yang tahan lama. Bisa dijadikan bekal, bisa juga dijadikan stok di rumah sebagai pendamping aneka hidangan lainnya. Agar lebih tahan lama, ada tips dan langkah penting yang perlu diikuti.

Memang akan butuh kesabaran lebih untuk membuat kering kentang yang bisa tahan lebih lama. Selengkapnya, langsung saja simak keterangannya di sini, ya.

1. Kentang Dicuci Sampai Airnya Bening

Kentang dikupas lalu diparut. Setelah itu, kentang parut dicuci bersih sampai airnya bening. Bilas beberapa kali, bisa lima hingga enam kali. Tahap ini penting dilakukan demi mendapatkan hasil kering kentang yang renyah.

 

2. Kentang Direndam Air Kapur Sirih

Kentang parut yang sudah dicuci sampai airnya bening, kemudia direndam dengan larutan air kapur sirih. Untuk satu kilogram kentang, kita bisa menggunakan 3 sdm air kapur sirih. Diamkan selama sekitar 20 menit. Setelah itu, kentang kembali dicuci sampai bersih.

3. Goreng Kentang Hingga Teksturnya Kaku

Kentang yang sudah ditiriskan bisa digoreng hingga kekuningan. Goreng sampai garing atau teksturnya kaku. Setelah garing, angkat dan tiriskan.

Kentang pun siap dibumbui untuk dijadikan kering kentang. Pastikan bumbu yang kita gunakan sudah ditumis dalam keadaan matang sebelum kentang dimasukkan. Kita bisa menambahkan teri dan kacang goreng untuk membuat rasanya jadi lebih sedap dan gurih.

Tidak terlalu sulit, kan? Selamat mencoba dan tetap semangat memasaknya, ya.

 

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading