Sukses

Lifestyle

4 Tips agar Pertengkaran tak Berkepanjangan dalam Hubungan

Fimela.com, Jakarta Sebuah hubungan pasti akan diwarnai dengan pertengkaran dan perdebatan. Ada hal-hal yang mungkin dipermasalahkan karena perbedaan sudut pandang. Ada sesuatu yang bisa menjadi masalah dan memicu pertengkaran dalam hubungan.

Pertengkaran bisa membuat hubungan jadi lebih dewasa bila dari situ ada pelajaran atau hikmah yang bisa didapat. Namun, jika sampai berkepanjangan pastinya tidak akan sehat untuk hubungan itu sendiri. Ada sejumlah tips yang bisa dicoba untuk mencegah sebuah pertengkaran atau perdebatan berkepanjangan. Seperti tips-tips berikut ini.

1. Ambil Jarak Sejenak

Saat masih sama-sama sedang emosi atau marah, coba untuk saling memberi ruang. Cobalah untuk mengambil jarak sejenak. Cara ini adalah untuk saling memberi kesempatan menjernihkan pikiran terlebih dahulu. Sebab jika terus bertengkar dan berdebat saat sama-sama marah, masalahnya bisa semakin runyam. Begitu bisa berpikir lebih jernih, nanti bisa luangkan waktu untuk kembali bicara dan berdiskusi bersama untuk mencari solusinya.

2. Jangan Merasa Ingin Menang Sendiri

Ini mungkin hal yang sangat sulit dilakukan. Saat sedang marah atau dilanda emosi, kadang kita merasa menjadi pihak yang paling benar. Kita merasa jadi pihak yang paling dirugikan sehingga tak ingin menerima penjelasan atau mendengar penjelasan pasangan. Benar-benar perlu jaga kestabilan emosi supaya masalah yang ada tidak berlarut-larut.

3. Memaafkan Diri Sendiri dan Pasangan

Memaafkan adalah langkah penting untuk menyelesaikan pertengkaran. Baik memaafkan pasangan maupun pasangan diri sendiri. Sebaiknya tak saling menyalahkan. Walau proses memaafkan ini tak mudah tapi kita bisa belajar untuk memulainya dengan menerima keadaan yang ada lalu berusaha memaafkan.

4. Tidak Mengungkit Masalah atau Luka Masa Lalu

Saat sedang marah, biasanya kita jadi "terbawa suasana" dan sulit berpikir jernih. Jika sudah begini, seringkali kita akan mengungkit masalah atau luka di masa lalu. Membawa-bawa masalah yang pernah terjadi di masa lalu. Hal ini hanya akan memperburuk suasana yang ada sehingga ada baiknya dihindari.

Supaya pertengkaran tak berkepanjangan, penting untuk memiliki kemampuan untuk menjaga komitmen yang pernah disepakati bersama. Selain itu, masing-masing dari kita pun akan terus berproses untuk menjadi pribadi yang lebih baik dalam membangun hubungan yang lebih sehat.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading