Sukses

Lifestyle

5 Cara Menghentikan Negative People Memengaruhimu

ringkasan

  • Jangan pedulikan apa yang dipikirkan orang
  • Jangan menyalahkan diri sendiri
  • Temukan solusi, jangan hanya mengeluh

Fimela.com, Jakarta Ketika menjalin hubungan sosial dengan banyak orang, mau tak mau kamu akan menemui berbagai jenis orang, ada yang memberi pengaruh baik dan ada yang buruk. Meski tahu bahwa beberapa di antaranya bisa memberi pengaruh buruk, segala keputusan tetap ada padamu, mau mengikuti alur negatif mereka atau justru putar balik dan mengambil jalanmu sendiri.

Ini caranya agar energi dan pikiran tak perlu terpengaruh oleh orang-orang negatif di sekitarmu.

1. Jangan pedulikan apa yang dipikirkan orang

Kamu akan lelah jika hidup dengan terus mengikuti pendapat dan pikiran orang lain. Orang-porang negatif selalu bisa menemukan kesalahan dalam dirimu dan tidak menyukaimu, kamu tak akan bisa memuaskan mereka. Jadi daripada membuat diri sendiri capek, jangan pedulikan apa kata mereka. Kamu hanya akan semakin tak memiliki hidupmu sendiri jika hanya menuruti apa kata orang.

2. Jangan menyalahkan diri sendiri

Ketahui bahwa setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, mengakuinya memang perlu, namun bukan berarti kamu bisa menyalahkan diri sendiri terus-menerus. Sangat mudah menyalahkan diri sendiri ketika banyak orang-orang negatif di sekitarmu, mereka akan mengkritik betapa buruknya dirimu. Sadari bahwa ini tak sehat, bedakan mana kritik yang membangun dan mana yang justru menjatuhkan.

3. Jangan gampang terpancing emosi

Reaksimu penting bagi mereka, mereka akan suka jika kamu terpancing emosi. Jangan termakan omongan dan mudah marah atau kesal. Ketika kamu kehilangan kendali terhadap emosimu, kamu hanya memberi makan kenegatifan yang mereka berikan. Mereka tak layak mendapat perhatianmu, jadi senyumin saja, nggak usah dipedulikan.

4. Temukan solusi, jangan hanya mengeluh

Ketika menghadapi masalah, jangan mengeluh. Buang-buang waktu saja. Temukan solusinya, berpikir dengan tenang dan susun apa yang harus dilakukan. Orang-orang beracun di sekelilingmu akan sengaja membuatmu pesimis dan mengeluh lebih sering, tapi jangan terjatuh perangkap mereka. Tak masalah jika hidup memang sedang tak baik, ini membuatmu belajar untuk lebih kuat mental.

5. Ambil sikap

Ketahui bahwa kamu rugi jika meluangkan waktu untuk mereka. Ada banyak hal yang lebih baik untuk dilakukan dari sekedar menghabiskan waktu dengan mereka. Ketika mereka mengajakmu keluar, katakan kamu sibuk atau sedang ada urusan. Jika terlanjur terjebak pembicaraan dengan mereka, pamitlah dengan sopan untuk pergi.

Tentu saja, kamu tak akan bisa menyingkirkan mereka, tapi kamu bisa menghindar dan memilih keputusanmu sendiri. Ketahui kapan harus menentukan apa yang baik dan buruk untuk dilakukan. Kamu berhak berpikir apa pun, namun jangan memberi makan emosi negatif. Sesekali berpikiran buruk itu boleh, tapi jangan terus-terusan.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Jadi Baik Itu Harus, Tapi Jangan Lemah dan Terjebak Toxic
Artikel Selanjutnya
5 Zodiak yang Sering Bertingkah Aneh dan Menebarkan Aura Negatif