Sukses

Lifestyle

Cara Terbaik Mencairkan Ayam Beku sebelum Diolah

ringkasan

  • Mengganti ke kulkas
  • Rendam air hangat
  • Rendam air

Fimela.com, Jakarta Jika ingin mengolah daging ayam yang sudah disimpan di dalam freezer, pasti harus menunggu mencairkannya dulu. Tidak jarang kita harus menunggu sangat lama hanya untuk memastikan bahwa daging ayam sudah empuk sepenuhnya dari es.

Jika ingin mencairkannya daging ayam beku, sekian cara aman ini bisa diterapkan.

1. Mengganti ke kulkas

Dari freezer, turunkan ayam ke kulkas bagian bawah agar mencair alami dengan suhu yang tidak turun drastis sehingga tidak mudah bagi bakteri berkembang biak dengan cepat. Namun cara ini harus dilakukan paling tidak dua hari sebelumnya.

2. Rendam air

Jika ingin lebih cepat, bisa merendamnya di dalam air. Namun jangan langsung mencelupkannya ke dalam bak penuh air. Caranya, bungkus ayam ke dalam plastik dan rendam, dengan begini daging ayam tidak mudah terkontaminasi dan lembek karena menyerap air.

3. Rendam air hangat

Menyiram ayam beku langsung dengan air panas sebenarnya berbahaya dan tidak menyelesaikan masalah karena hanya bagian luarnya yang mencair. Tapi jika ingin mempersingkat waktu, daripada air panas, pilih air hangat yang tidak lebih dari 60 derajat Celcius. Agar tidak terkontaminasi, bungkus rapat ayam dalam plastik, setelah itu direndam.

4. Langsung masak

Jika tak sabar menunggu ayam air sepenuhnya, bisa dimasak dalam keadaan beku bersama dengan bumbu, misalnya dipresto atau diungkep, namun risikonya waktu memasak menjadi lebih lama.

Jadi, mana kira-kira cara yang bisa kamu praktekkan di rumah, Sahabat Fimela?

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Membuat Acar Timun yang Renyah dan Tidak Lembek
Artikel Selanjutnya
Cara Membuat Ayam Goreng Mentega yang Empuk