Sukses

Lifestyle

5 Kegiatan Ini Perlu Dilakukan Pasangan Sebelum Menikah

Fimela.com, Jakarta Pada beberapa kesempatan kita mungkin pernah melihat pasangan kekasih yang sangat serasi meskipun tidak menunjukkan keromantisan berlebihan. Pasangan seperti ini biasanya punya hubungan yang lebih serius dan perasaan lebih matang sehingga bisa menghasilkan pernikahan yang bahagia.

Namun sebelum menikah, setiap pasangan tetap perlu mendiskusikan sesuatu, membuat perjanjian tertentu atau melakukan hal yang mungkin saja akan sulit dilakukan setelah menikah, seperti sekian hal berikut ini.

1. Membuat perencanaan keuangan bersama

Ini hal yang sensitif, dan sangat baik jika dibicarakan bersama sebelum mengikat hubungan pernikahan. Siapa yang akan membayar ini dan itu dan lain sebagainya. Dibutuhkan diskusi dan kesepakatan bersama agar tidak menyebabkan masalah nantinya.

2. Liburan bersama

Meski tampak sepele, namun meluangkan waktu pergi jalan-jalan atau traveling bersama sebenarnya menjadi kesempatan seseorang mengenal sisi lain pasangan. Mungkin ada sisi dirinya yang tak kamu sukai atau justru bisa kamu pelajari. Kegiatan ini bukan hanya bisa menguatkan ikatan cinta tapi juga simulasi sederhana menjalani hidup berdua saja.

3. Menghabiskan waktu bersama dengan keluarga calon suami

Sering mendengat kalimat "Ketika menikah, kamu tidak hanya menikahi orangnya, tapi juga keluarganya"? Ini bukan kalimat yang bisa dianggap remeh, mendekatkan diri dengan keluarga calon suami itu suatu keharusan, untuk mengetahui apakah kamu diterima dan direstui. Kalian berdua jadi lebih tahu kehidupan keluarga satu sama lain.

4. Membuat kesepakatan lain

Beberapa pasangan membuat kesepakatan berapa anak yang diinginkan, siapa yang bertugas memasak atau bersih-bersih rumah, bagaimana menyeimbangkan karir dan rumah tangga, atau bagaimana menjaga kesehatan selama tetap mengurus anak dan suami. Misalnya kalian sepakat kamu akan melepaskan pekerjaan setelah menikah, maka penuhi kesepakatan itu.

5. Mengungkapkan harapan satu sama lain terhadap pernikahan

Penting sekali mendiskusikan harapan, kesukaan, ketidaksukaan satu sama lain sebelum menikah. Cara ini membantumu membangun toleransi dan melihat seperti apa pernikahan kalian nantinya. Kalian juga perlu bicara hal apa yang harus dilakukan jika menghadapi masalah, menetapkan tujuan dan membuat kesepakatan bersama.

Transparansi satu sama lain itu penting sebelum kalian memutuskan menikah. Cinta saja tidak cukup, ada banyak hal yang perlu kalian persiapkan sebelum menikah, termasuk hal-hal kecil dan sensitif di atas.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Punya Pasangan Optimis Jamin Hidup Bahagia dan Otak Awet Muda
Artikel Selanjutnya
Merasa Bosan dalam Pernikahan, Ini yang Harus Dilakukan