Sukses

Lifestyle

7 Tips Jaga Jantung Sehat saat Pekerjaan Menuntutmu Duduk Seharian

Fimela.com, Jakarta Sepertinya sudah bukan informasi baru bahwa duduk berjam-jam bisa mengancam kesehatan jantung setiap orang. Banyak penelitian yang membuktinya, salah satunya adalah penelitian tahun 2017 yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine menemukan bahwa duduk dalam waktu lama meningkatkan risiko penyakit jantung dan mati muda.

Tapi bagaimana jika pekerjaan memang menuntutmu untuk bekerja di depan komputer selama delapan jam lebih? Harus resign? Jangan, ini sekian hal yang bisa kamu lakukan agar tetap bisa menjaga jantung sehat.

1. Jalan-jalan sebentar

Ambil jeda istirahat setiap dua jam sekali misalnya. Bisa ke pantry, ke toilet atau megunjungi temanmu di ruangan atau lantai lainnya dengan jalan kaki. Paling tidak berjalan dan berdirilah selama tiga menit.

2. Makan siang di luar

Jika ingin hemat memang lebih baik membawa bekal, tapi tidak ada salahnya sesekali makan siang di luar yang membutuhkan jalan kaki. Kamu juga bisa memanfaatkan waktu makan siang untuk olahraga kaki sederhana agar tubuh lebih aktif.

3. Peregangan sambil duduk

Sambil duduk, kamu juga bisa melakukan stretching ringan dengan cara mengangkat tangan, memutar kepala, meluruskan kaki dan lain sebagainya. Ini akan membantu membuat tubuh tidak kaku, meningkatkan peredaran darah dan mencegah sakit punggung.

4. Perhatikan asupan makanan

Sudah tahu duduk seharian masak harus mengabaikan asupan nutrisi harian sih? Pilih makan makanan sehat setiap harinya seperti buah dan sayur. Batasi asupan kalori seperti menghindari makanan yang digoreng dan tinggi lemak.

5. Yoga di ruang istirahat

Jika kantor kamu memiliki sebuah ruangan yang bisa digunakan untuk beristirahat, coba lakukan gerakan yoga yang bisa membantu meregangkan otot. Cukup lima menit saja, luruskan kaki, lakukan downward dog atau duduk bersila sambil menarik napas panjang.

5. Menaiki tangga

Jika kantormu ada beberapa lantai, daripada naik elevator, jalan kakilah menaiki dan menuruni tangga. Bukan hanya menjadi olahraga kaki ringan tapi juga membantu memacu jantung sehat agar peredaran darah lancar.

6. Olahraga setelah pulang kerja

Daftar kelas gym atau luangkan waktu satu jam setiap harinya setelah pulang kerja untuk olahraga aerobik. Atau atur setiap akhir pekan untuk olahraga lebih lama. Selalu pastikan tubuh bergerak atau melakukan aktivitas fisik setelah pulang kerja. Jika memungkinkan kamu juga bisa bike to work, bersepeda berangkat dan pulang kerja.

7. Jangan merokok

Berhentilah merokok jika kamu perokok aktif, dan hindari jadi perokok pasif. Sebisa mungkin beradalah di lingkungan dengan udara yang tidak mencemari kesehatanmu.

Itu dia sekian tips menjaga kesehatan jantung selagi bekerja duduk seharian. Meski pekerjaan menuntutmu untuk duduk berjam-jam, bukan berarti tak bisa menjaga kesehatan.

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading