Sukses

Lifestyle

Tips Membuat Sup Krim agar Lembut dan Tidak Menggumpal

Fimela.com, Jakarta Suka masak sup krim di rumah untuk keluarga? Salah satu kelebihan sup krim yang membedakannya dengan masakan lain adalah kuah kentalnya yang lembut dan nyaman dinikmati oleh lidah.

Tapi beberapa orang gagal membuat sup krim yang lembut dan kental, terkadang justru menggumpal atau terlalu encer. Ini caranya membuat sup krim yang lembut dan anti gumpal.

1. Campurkan dulu tepung dengan air

Dalam resep sup krim, ada bahan tepung, susu, dan air. Larutkan lebih dulu tepung terigu dan maizena dengan sedikit air kaldu atau air biasa, lalu tuang ke dalam susu dan aduk rata. Pencampuran ini akan mencegah munculnya gumpalan atau kuah bergerindil tak diinginkan ketika masak sup krim.

2. Tuang sedikit kaldu mendidih ke dalam campuran susu

Sebelum menuang campuran susu dan tepung ke dalam air kaldu yang mendidih, ambil dulu satu sendok sayur kaldu untuk dicampurkan ke dalam larutan susu. Cara ini membantu mengurangi perbedaan suhu antara air kaldu yang panas dan larutan susu yang dingin. Jika langsung menuangkannya, hasil kuah bisa jadi tidak lembut dan halus.

3. Tuang sedikit demi sedikit

Kecilkan api lebih dulu, kemudian tuang sedikit demi sedikit sambil diaduk terus. Cara ini menciptakan konsistensi tekstur sup krim agar matangnya merata dan tidak menimbulkan gumpalan.

4. Selalu tuang susu terakhir

Jika tidak mencampurkan tepung dengan susu, selalu pastikan susu dituang terakhir. Ketika sudah melarutkan tepung terigu dan maizena dengan air kaldu dingin, tuang lebih dulu ke dalam air kaldu yang panas, aduk rata. Kemudian tuang susu terkahir untuk mencegah susu pecah.

Itu dia sekian cara membuat sup krim yang lembut dan halus di mulut tanpa khawatir ada kuah yang bergerindil dan tidak merata.

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading