Sukses

Lifestyle

Tips Travelling ala Backpacker yang Tentunya Hemat Biaya

Fimela.com, Jakarta Travelling merupakan salah satu hal yang menyenangkan. Menghabiskan waktu dengan melakukan perjalanan dan mengunjungi beberapa destinasi wisata. Saat ini travelling menjadi sebuah kebutuhan untuk menghilangkan penat dari pekerjaan.

Travelling tidak dapat dilakukan dengan dadakan, pastinya ada perencanaan yang matang untuk melakukan travelling. Mulai dari lokasi, budget, hingga tempat untuk menginap. Namun apa jadinya jika memang melakukan travelling dengan buget yang minim? Tenang saja, jika Sahabat Fimela ingin melakukan travelling dengan buget yang minim, tetap saja bisa di lakukan.

Travelling ala backpacker mungkin bisa dilakukan. Bahkan ini akan menjadi pengalaman yang lebih seru. Backpaker juga merupakan salah satu istilah bagi sebagian orang yang melakukan travelling dengan biaya yang cukup hemat. Berikut ini ada beberapa tips untuk melakukan travelling ala backpacker dengan biaya yang lebih hemat.

Tentukan Buget

Ketika Sahabat Fimela hendak melakukan travelling ada baiknya untuk menentukan budget yang digunakan untuk melakukan perjalanan ini. Catat alokasi dana mulai dari tiket transportasi, penginapan, makan, masuk kawasan wisata, hingga tiket transportasi untuk kembali pulang. Hal ini bertujuan untuk mengetahui berapa besaran uang yang harus dikeluarkan. Bawalah uang secukupnya, untuk menghindari tingkat berbelanjamu dan atau mungkin untuk mengurangi resiko kehilangan.

Pilih Tujuan Travelling

Setelah menentukan budget baiknya pilih tempat travelling yang sesuai dengan budgetmu. Jika memang minim budget dan ingin melakukan travelling, lakukan di luar kota saja seperti Yogyakarta, Solo, Bandung atau Bali. Indonesia memiliki banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi, tentunya tak kalah menarik dengan tempat wisata luar negeri.

Cek Tiket Kereta atau Pesawat

Jika memang melakukan travelling ke luar kota, ada baiknya untuk sering cek tiket transportasi yang akan digunakan. Jika menggunakan pesawat mungkin dapat memanfaatkan promo yang disediakan oleh pihak penerbangan. Jika menggunakan kereta api, dapat memilih tiket kereta yang lebih murah.

Bawa Barang Seperlu

Ingatlah ini hanya travelling bukan mudik ya Sahabat Fimela, jadi usahakan barang yang hendak dibawang seperlunya saja. Membawa barang bawaan yang banyak hanya akan membuatmu lebih repot. Selain itu juga mungkin akan terkena biaya tambahan untuk bagasi bila menggunakan pesawat sebagai alat transportasinya.

Pilih Penginapan

Jika ingin melakukan travelling ala backpacker, baiknya gunakan homestay atau hostel untuk menginap. Atau dapat juga menghubungi teman untuk numpang menginap bila ada. Pilih homestay yang aman dan biaya yang murah.

Gunakan Transportasi Umum

Usahakan untuk menggunakan transportasi, ini akan menghemat pengeluaranmu. Jika lokasi yang dituju tidak terlalu jauh ada baiknya untuk berjalan kaki saja sekalian olahraga. Pastinya semua kota sudah memiliki transpotrasi umum yang terjangkau, seperti bus dan angkot. Selaian itu juga memungkinkanmu untuk melewati kawasan-kawasan yang unik dan menarikmu untuk mengunjunginya.

Persiapkan Fisik dengan Baik

Jaga kesehatan fisik dengan baik supaya tetap fit saat melakukan travelling. Kegiatan di luar ruangan dan melakukan perjalanana membuatmu akan merasa mudah llah. Sebaiknya jaga kesehatan dan siapkan fisikmu.

Ingin melakukan travelling dimana pun akan tetap menyenangkan jika Sahabat Fimela dapat menikmatinya dan suasana hati yang menyenangkan. Pergi berlibur tidak harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal, disekitar kita banyak sekali tempat yang tak kalah indah dari luar negeri yang patut kita eksplor.

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading