Sukses

Lifestyle

4 Tips Membuat Resume yang Bersinar untuk Melamar Kerja

ringkasan

  • Cantumkan Informasi yang Paling Relevan
  • Lengkapi dengan Fakta dan Angka
  • Cantumkan Kontak Diri yang Lengkap

Fimela.com, Jakarta Mencari pekerjaan yang tepat memang tak mudah. Kita harus bersaing dengan banyak orang dan pastinya perlu punya bekal serta kemampuan yang memang mumpuni untuk posisi yang kita incar. Saat ada lowongan kerja yang sekiranya sesuai dengan kualifikasi kita, maka tak perlu menunda-nunda untuk segera mencoba melamar.

Dalam proses melamar kerja, kita perlu membuat atau mencantumkan resume. Biasanya dari resume yang kita akan buat menentukan besarnya peluang kita untuk lanjut ke proses selanjutnya. Untuk membuat resume yang menarik dan mudah dilirik oleh perusahaan atau pihak HRD, berikut empat tips dasar yang perlu dicoba.

1. Cantumkan Informasi yang Paling Relevan

Kita punya banyak pengalaman dan pencapaian. Meski begitu, bukan berarti semuanya harus dicatat dan dicantumkan semuanya ke dalam resume kita. Cantumkan informasi yang paling relevan dan terbaru. Sesuaikan dengan posisi yang dilamar dan kualifikasi yang dibutuhkan.

2. Lengkapi dengan Fakta dan Angka

Melansir timesofindia.indiatimes.com, kita perlu melengkapi yang kita tulis dengan fakta dan angka. Sebagai contoh, jika pernah menerbitkan buku, kita bisa menyebutkan sudah berapa eksemplar yang terjual dalam periode waktu tertentu. Atau pernah jadi bagian kru mengadakan sebuah acara atau seminar, kita bisa menyebutkan jumlah peserta yang hadir. Menyertakan data dan informasi seperti ini bisa membuat kita berbeda dari kandidat lainnya.

3. Pilih Huruf yang Mudah Dibaca dan Hindari Saltik (Typo)

Tampilan atau visualisasi resume bisa sangat memengaruhi minat orang yang membacanya. Pilih jenis huruf yang jelas dan mudah dibaca. Yang tak kalah penting lagi adalah hindari saltik (typo). Selalu cek berulang kali dan pastikan tidak ada kesalahan penulisan dan tanda baca. Sebagus apa pun kualifikasimu, akan sulit dilirik oleh perekrut bila tidak dituliskan dengan jelas, baik, dan benar.

4. Cantumkan Kontak Diri yang Lengkap

Nomor ponsel yang aktif, alamat email aktif, hingga akun media sosial (bila perlu) juga sebaiknya dicantumkan. Cantumkan kontak diri selengkap dan sejelas mungkin. Bila sewaktu-waktu perekrut ingin segera menghubungimu atau mengatur jadwal wawancara, maka prosesnya bisa cepat. Bayangkan bila resume-mu tidak mencantumkan kontak yang lengkap, maka jelas akan menyulitkan perekrut.

Itu tadi empat tips dasar yang bisa dicoba untuk membuat resume yang gampang dilirik oleh perekrut. Semoga bermanfaat, ya. Semoga kamu juga bisa segera mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan.

#ChangeMaker

;
Loading