Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan yang Ternyata dapat Menghambat Metabolisme

Fimela.com, Jakarta Beberapa kebiasaan dapat mempercepat dan memperlambat metabolisme.Terlepas dari tingkat kebugaran dan tipe tubuh, banyak orang menginginkan metabolisme yang cepat.

Sayangnya, beberapa kebiasaan yang jarang diketahui ternyata dapat memperlambat metabolisme, seperti dilansir dari newbeauty.com, Senin (10/2/2020). Penasaran apa saja?

1. Sarapan secara berlebihan

Sarapan merupakan hidangan terpenting dalam satu hari, sayangnya masih banyak orang tidak melakukannya dengan baik. Sebagai aturan, cobalah menerapkan keseimbangan metabolisme tentukan rasio 30/30/40 ketika menentukan banyaknya protein, lemak, dan karbohidrat yang harus dikonsumsi di pagi hari.

2. Kurang tidur

Kurang tidur dapat mengganggu metabolisme, gula darah, dan keseimbangan hormon yang penting untuk membuat metabolisme tetap seimbang. Tidurlah selama delapan jam untuk memastikan tubuh benar-benar mendapatkan kualitas yang baik dan mengoptimalkan metabolisme.

3. Diet dadakan

Apa kamu sering melakukan diet sebelum acara penting tertentu? Tahukah kamu bahwa ini berisiko berbahaya bagi tubuh daripada mendatangkan kebaikan?

Melakukan diet dadakan justru dapat menurunkan metabolisme. Intinya, sebelum melakukan diet, kamu harus berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu.

 

4. Dehidrasi

Banyak orang tidak sadar bahwa mereka mengalami dehidrasi sampai mereka merasa haus. Kesalahan terbesarnya adalah mereka berpikir dengan minum jus buah, minuman manis, atau minuman berkafein dapat mengatasi masalah dehidrasi ini, padahal justru membuatmu lebih sering buang kecil, yang justru membuatmu lebih dehidrasi.

5. Mengabaikan stres

Sekitar dua menit setelah kamu mengalami peristiwa yang membuat stres, tubuh akan mulai menghasilkan hormon stres yang dikenal sebagai kortisol. Terlalu stres akan membuat tubuhmu menghasilkan terlalu banyak tiroid dan menghambat metabolisme.

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Ingin Menghilangkan Kebiasaan Buruk yang Sudah Menahun? 5 Buku Ini Bisa Jadi Inspirasi
Artikel Selanjutnya
Hentikan 6 Kebiasaan Buruk Ini untuk Hidup yang Lebih Bahagia