Sukses

Lifestyle

Biji Apel Memang Harus Dibuang saat Dimakan, Ini Alasannya

Fimela.com, Jakarta Banyak orang mungkin membuang biji apel saat memakannya tanpa pikir panjang karena sudah kebiasaan. Tak banyak yang tahu mengapa sebaiknya biji apel dibuang. Apakah benar biji apel tak bisa dimakan?

Tidak seperti daging buah apel yang manis, biji apel memiliki rasa pahit dan tak enak dikunyah di mulut, dan ternyata biji apel memang memang sebaiknya tidak dimakan karena bersifat racun. Biji apel memiliki kandungan amygdalin, suatu zat yang melepaskan sianida ketika bersentuhan dengan enzim pencernaan manusia, seperti dilansir dari Healthline.

Biji apel mengandung racun

Sianida sendiri merupakan senyawa kimia yang sangat mematikan. Sianida bersifat racun dan berbahaya jika masuk ke dalam tubuh. Untungnya, kandungan racun ini sedikit sehingga kasus keracunan karena makan biji apel sangat jarang sekali terjadi. Beberapa orang mungkin tak sengaja memakannya dan tak masalah dengan hal itu.

Jika tak sengaja memakannya, tidak perlu terlalu khawatir karena kadar sianida yang sangat rendah yang dihasilkan dari biji apel mampu dinetralisir oleh enzim di dalam tubuh.

Jadi, kini sudah tahu kan mengapa harus membuang biji apel saat memakannya? Bukan hanya karena kebiasaan, tapi ternyata biji apel memang memiliki potensi bahaya jadi sebaiknya dibuang saja.

#ChangeMaker with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Mengetahui Buah Apel Masih Layak Makan atau Tidak
Artikel Selanjutnya
Ini Risiko dan Bahaya Kesehatan Makan Apel yang Mulai Busuk