Sukses

Lifestyle

Tips dan Cara Membuat Telur Suwir Rawis untuk Nasi Goreng dan Nasi Kuning

Fimela.com, Jakarta Saat makan nasi goreng, salah satu topping yang seringkali ada di atas nasi goreng atau mie goreng adalah telur suwir. Sebenarnya cara membuatnya tidak disuwir, namun diiris tipis-tipis memanjang sehingga tampak seperti suwiran.

Biasanya telur ini dibuat tipis dan banyak, meski tampak sederhana namun tidak semua orang bisa membuat telur dadar suwir seperti ini. Ini dia cara membuatnya.

1. Tambahkan air

Jika ingin telur dadar yang tipis, cara terbaik adalah mencairkan telur yang sudah dikocok. Tidak perlu banyak, cukup menambahkan 1-2 sendok makan air. Agar encer sehingga ketika dituang tidak terlalu tebal.

2. Kocok hingga berbusa

Cara kedua agar adonan bisa tipis adalah mengocok telur hingga berbusa. Jika dikocok sekedarnya saja, biasanya putih dan kuning telur belum tercampur merata, itulah yang membuat telur dadar bergerindil tebal.

3. Gunakan teflon

Hasilnya tidak akan maksimal jika menggunakan wajan cekung, Gunakan teflon seperti membuat kulit lumpia. Teflon anti legket akan lebih baik karena tidak butuh banyak minyak dan mudah dibalik.

4. Tuang sedikit saja

Saat menggoreng, tuang sedikit saja, kemudian ratakan ke seluruh permukaan teflon.

Bahan:

  • 2 butir telur
  • 1 sdm air
  • 1/2 sdt garam

Cara membuat:

  1. Kocok semua bahan hingga berbusa.
  2. Panaskan teflon, beri sedikit minyak, goreng tipis saja hingga matang. Ulangi beberapa kali hingga menjadi beberapa telur dadar.

Setelah jadi, tinggal digulung dan diiris tipis-tipis. Telur suwir siap jadi toping nasi goreng, nasi kuning atau bahkan bubur ayam.

#ChangeMaker with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading