Sukses

Lifestyle

Tips dan Cara Membuat Koya Soto yang Gurih

Fimela.com, Jakarta Pada beberapa sajian soto ayam atau daging yang dijual di berbagai rumah makan, seringkali diberi taburan koya. Koya memang bukan bahan inti soto tapi akan menambah rasa sekaligus kekentalan kuah sehingga membuat soto lebih nikmat. Pensaran seperti apa membuat koya soto sendiri di rumah? Ini cara membuatnya.

Bahan utama

Bahan ini yang diperlukan untuk membuat koya soto adalah bawang putih dan kerupuk udang. Sederhana sekali kan? Kedua bahan ini digoreng hingga matang, kemudian ditumbuk halus hingga tercampur merata.

Tips

  1. Pilih kerupung udang yang gurih dan bekrualitas. Jika ingin mendapatkan rasa koya yang gurih dan enak, pilih kerupuk udang yang rasanya enak.
  2. Iris tipis bawang putih dan jangan sampai gosong. Ketika menggoreng bawang putih, iris tipis seperti membuat bawang goreng dari bawang merah. Aduk terus saat menggoreng agar tidak gosong dengan api sedang atau kecil. Angkat ketika sudah terlihat kecokelatan.
  3. Setelah dingin, simpan di wadah tertutup agar tetap renyah.

Resep:

  • 3 siung bawang putih
  • 6 buah kerupuk udang
  • 2 lembar daun jeruk (optional, agar koya lebih wangi)

Cara membuat:

  1. Goreng kerupuk udang hingga mekar, tiriskan.
  2. Iris tipis bawang putih dan goreng bersama daun jeruk. Setelah kering, angkat.
  3. Buang tulang daun jeruk, remas-remas atau ulek sbeentar hingga halus. Haluskan semua bahan hingga tercampur rata, boelh menggunakan ulekan, blender atau food processor.

Koya soto siap jadi topping taburan soto, bisa juga jadi taburan makanan lain seperti bubur dan sop.

#ChangeMaker with FIMELA

Loading