Sukses

Food

5 Tips dan Cara Membuat Koya Soto yang Gurih

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Pada beberapa sajian soto ayam atau daging yang dijual di berbagai rumah makan, seringkali diberi taburan koya. Koya memang bukan bahan inti soto tapi akan menambah rasa sekaligus kekentalan kuah sehingga membuat soto lebih nikmat. Pensaran seperti apa membuat koya soto sendiri di rumah? Ini cara membuatnya.

 

1. Menambahkan Kerupuk Udang

Makan soto koya tentu makin nikmat jika ditambah dengan kerupuk, salah satu kerupuk yang cocok untuk soto koya adalah kerupuk udang. Selain memiliki rasa yang gurih, kerupuk dapat menambah cita rasa yang cocok saat disantap. Jika kamu ingin mendapatkan rasa koya yang gurih dan enak, ada baiknya untuk memilih kerupuk udang.

2. Menggunakan Bawang Goreng

Siapa yang tak suka bawang goreng? Bawang goreng yang renyah tenty sangat cocok jika ditambahkan dengan koya soto.  Tapi kamu juga dapat membuat bawang goreng dengan cara, mengiris bawang putih hingga tipis seperti membuat bawang goreng dari bawang merah.

Setelah itu kamu dapat memasak menggunakan api kecil agar tidak gosong, jangan lupa untuk mengaduk agar tidak cepat gosong dan angkat jika sudah berubah warna menjadi kecoklatan. Manfaat dari bawah goreng sendiri selain menambah cita rasa yang gurih, juga dapat menjadi garnis atau hiasan makanan.

3. Buang Tulang Daun Jeruk

Terkadang kita akan memasukkan semua daun jeruk tanpa menghilangkan tulangnya, yang kita tahu bahwa daun jeruk sendiri dapat menambah rasa segar serta menambah aroma yang khas. Makanya banyak orang yang menambahkan daun jeruk ke beberapa makanan seperti soto rendah, atau rempeyek. Ada baiknya jika kamu membuat koya soto, jangan lupa untuk membuang tulang daun jeruk dengan cara meremas atau ulek hingga halus.

4. Masukkan Semua Bahan ke Food Processor

Food processor merupakan sebuah alat serbaguna, jika kamu ingin membuat koya soto ada baiknya untuk menghaluskan semua bahan agar tercampur rata serta membuatnya menjadi bubuk yang halus. Menggunakan food processor juga dapat memudahkan kamu untuk mengolah bahanan agar menjadi lebih lembut dan mudha dimasak.

5. Koya Siap di Hidangkan

Setelah kamu mencoba beberapa tips diatas dan memasaknya, maka koya sudah siap ditambahkan ke soto. Tetapi jika koya sudah mendingin ada baiknya ditaruh pada wadah yang tertutup agar tetap renyah.

Resep Soto Koya Segar

Bahan:

  • 3 siung bawang putih
  • 6 buah kerupuk udang
  • 2 lembar daun jeruk (optional, agar koya lebih wangi)

Cara Membuat:

  1. Goreng kerupuk udang hingga mekar, tiriskan.
  2. Iris tipis bawang putih dan goreng bersama daun jeruk. Setelah kering, angkat.
  3. Buang tulang daun jeruk, remas-remas atau ulek sbeentar hingga halus. Haluskan semua bahan hingga tercampur rata, boelh menggunakan ulekan, blender atau food processor.

Koya soto siap jadi topping taburan soto, bisa juga jadi taburan makanan lain seperti bubur dan sop.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Loading