Sukses

Lifestyle

4 Tips Membiasakan Diri Menulis Jurnal untuk Mengatasi Stres

Fimela.com, Jakarta Stres bukan masalah kesehatan mental yang bisa disepelekan lagi saat ini. Kamu mungkin telah banyak mendengar banyak tips untuk melepas penat sebagai bagian dari stress release, salah satunya adalah menulis jurnal.

Memulai menulis jurnal bukan hal yang mudah, terutama membuatnya sebagai rutinitas. Namun, kamu tidak perlu khawatir, dilansir dari self.com, Selasa (25/2/2020), berikut ini adalah beberapa tips membiasakan diri menulis jurnal untuk mengatasi stres.

1. Membiasakan diri menulis jurnal secara teratur

Kamu akan benar-benar bisa merasakan manfaat dari menjadikan journaling sebagai rutinitas. Cobalah mulai dengan melakukannya setiap pagi dan sore hari, setelah bangun dan mandi, serta sebelum tidur.

Journaling di pagi hari dapat membantumu membuat prioritas. Sedangkan mengakhiri hari dengan journaling bisa menjadi sarana untuk refleksi.

2. Membawa buku jurnal kemanapun

Untuk bisa membiasakan diri, bawalah buku jurnalmu kemanapun kamu pergi. Tuliskan apapun yang terlintas di kepalamu, tentang hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan, atau apapun untuk mengatasi stres yang sedang dirasakan.

 

3. Membuka buku jurnal ketika dibutuhkan

Menulis jurnal juga bisa dilakukan untuk lebih banyak hal, seperti mengekspresikan emosi. Tidak hanya menuliskan hal-hal sehari-hari, kamu juga bisa bercerita di buku jurnalmu untuk memproses dan mengenali emosi diri sendiri.

4. Menjadikan buku jurnal sebagai zona bebas penilaian

Buku jurnal juga bisa kamu jadikan sebagai tempat untuk tidak merasa dihakimi oleh siapapun. Penting untuk menulis jurnal tanpa merasa takut dihakimi, kamu tidak harus melakukan sensor terhadap diri sendiri ataupun membatasi hal-hal tertentu. Jujurlah terhadap diri sendiri ketika menulis jurnal, karena buku jurnalmu adalah zona bebas penilaian.

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

;
Loading