Sukses

Lifestyle

Tips Membersihkan dan Mengolah Ikan Lele agar Bau Amisnya Hilang

Fimela.com, Jakarta Ikan lele mudah sekali ditemui di pasar dengan harga yang cukup terjangkau. Bukan hanya itu kelebihannya, jika bisa mengolahnya dengan benar daging ikan lele juga sangat gurih dan renyah sehingga enak sekali dinikmati.

Tapi terkadang orang menemui ikan lele yang terasa amis sehingga tak enak dimakan. Ini cara menghilangkan bau amisnya agar tidak mengganggu saat dimakan.

1. Rendam cuka dan mencuci bersih

Lele umumnya berlendir dan licin, dan inilah sumber utama bau amisnya. Jadi cuci bersih tubuhnya hingga lendirnya hilang. Tapi dicuci dengan air mengalir saja tidak cukup, tuang air cuka secukupnya dan ratakan ke seluruh ikan lele, biarkan beberapa saat. Cuka membantu mengeluarkan semua lendir dan akan membuat lele mudah dibersihkan.

2. Sayat dan buang isi perutnya

Cara menyayat lele yang benar adalah dari bagian dekat kepala menurun ke anusnya atau mengikuti garis tulangnya. Keluarkan semua isi perutnya dan cuci bersih. Potong juga siripnya yang bisa melukai tangan.

3. Keluarkan bagian hitamnya

Ketika membersihkannya, jangan hanya membuang ususnya, ambil juga bagian lemak dan bagian berwarna hitam di perut ikan. Ketika terlihat ada kantung kelenjar warna hitam di dalam, usahakan jangan sampai pecah agar tidak menyebar bau amis.

4. Rendam air jeruk nipis

Jangan lupa merendamnya dalam air jeruk nipis selama kurang lebih 15 menit dan membilasnya hingga bersih sebelum membumbuinya.

5. Bumbui dengan banyak rempah dan garam

Umumnya bumbu rendam yang digunakan jika ingin menggoreng lele adalah bawang putih, bawang merah, ketumbar, kunyit dan garam. Beti sedikit air agar bumbu bisa merendam bagian lele keseluruhan.

Itu dia sekian cara membersihkan dan mengolah ikan lele agar tidak amis setelah matang. Silahkan mencobanya di rumah, Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

Loading