Sukses

Lifestyle

4 Tips Membuat Sambal Cumi yang Segar

ringkasan

  • Menggunakan Daun Jeruk
  • Menggunakan Mangga Muda
  • Menggunakan Daun Kemangi

Fimela.com, Jakarta Bagi penggemar masakan pedas dan cumi-cumi, olahan sambal cumi pasti yang paling dicari. Tekstur cumi yang kenyal dipadukan dengan sambal bercita rasa pedas, dijamin akan menggugah selera makan. Dinikmati dengan nasi putih hangat dan sayur atau lauk lain pun pasti nikmat.

Untuk membuat sambal cumi dengan cita rasa yang segar, ada sejumlah tips yang bisa dicoba. Kita bisa mencoba salah satu cara ini untuk membuat sambal cumi yang sesuai selera kita. Selengkapnya, langsung saja simak berikut ini.

1. Menggunakan Daun Jeruk

Untuk 500 gram cumi, kita bisa menyiapkan 2 ons cabai rawit, 1 ons cabai keriting, 1 sdm gula pasir, 1/2 sdm garam, 250 ml minyak goreng, 4 siung bawang putih, segenggam bawang merah iris, dan 3 lembar daun jeruk. Cabai dan bawang putih direbus terlebih dahulu, lalu diulek. Setelah itu, tumis bawang merah iris sampai layu. Masukkan cabai dan bawang putih halus. Tambahkan daun jeruk agar aromanya semakin wangi. Masak sampai bumbu matang. Lalu, masukkan cumi. Tambahkan gula dan garam. Masak hingga warna minyak agak bening.

2. Menggunakan Mangga Muda

Wah, sambal cumi yang satu ini jelas sangat menggugah selera. Kita bisa menambahkan mangga muda untuk sambal cumi yang segar. Siapkan 1 buah mangga muda yang diserut untuk 500 gram cumi segar. Bahan-bahan lainnya siapkan 1 sdm margarin, 1 buah jeruk nipis (ambil air perasannya), 1 batang serai, 5 lembar daun jeruk, 2 lembar daun serai, dan garam secukupnya. Siapkan bumbu halus yang terdiri dari 6 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, 5 cabai rawit, 6 cabai merah keriting, dan 1 buah tomat merah. Panaskan margarin, tumis cumi, sisihkan. Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan serai, daun salam, dan daun jeruk. Tambahkan sedikit air, masukkan cumi, aduk rata. Terakhir, masukkan mangga muda. Aduk rata dan sajikan.

 

3. Menggunakan Daun Kemangi

Untuk 500 gram cumi, siapkan 6 siung bawang merah, 5 siung bawnag putih, 1 ikat daun kemangi, 1/2 butir bawang bombay, 1/2 sdt garam, 1/2 sdt gula putih, 2 lembar daun salam, 1 butir jeruk nipis (ambil airnya), 5 cabai rawit, dan 2 cabai merah besar. Semua bahan bawang dan cabai dicincang kasar, lalu ditumis ampai harum. Tambahkan air secukupnya. Masukkan cumi, tambahkan daun salam, gula, garam, dan terakhir daun kemangi. Aroma daun kemangi akan membuat sambal cumi ini lebih segar. Dinikmati selagi hangat makain nikmat.

4. Menggunakan Racikan Sambal Matah

Cumi segar dipadukan dengan sambal matah, rasanya makin nendang. Siapkan bahan sambal matah yang terdiri dari cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, daun jeruk, tomat, dan serai. Semua bahan sambal diiris. Cumi-cumi ditumis sebentar, lalu sisihkan. Setelah itu, panaskan minyak, lalu tumis semua bahan sambal matah yang sudah diiris sampai harum. Masukkan cumi, tambahkan garam, gula, dan merica secukupnya. Koreksi rasa.

Daging cumi bisa direndam dulu dengan air perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amisnya. Pilih cumia berkualitas bagus dan masih segar agar hasilnya lebih mantap. Semoga tips-tips di atas bermanfaat.

 

#ChangeMaker

;
Loading