Sukses

Lifestyle

Ini yang Perlu Dilakukan sebagai Teman Jika Temanmu Selingkuh dari Pasangannya

Fimela.com, Jakarta Suatu hari temanmu mengajakmu keluar dan ia bercerita banyak hal tentang hubungan cintanya yang sedang bermasalah. Tak lama kemudian kalian bertemu lagi dan dia bilang ia sedang dekat dengan pria lain (jelas bukan pasangannya).

Reaksi seperti apa yang sebaiknya dilakukan sebagai teman ketika mengetahui temanmu selingkuh? Banyak orang merasa bingung harus berkata apa atau harus menanggapi seperti apa. Ini yang perlu kamu lakukan sebagai teman menurut psikolog Dr. Joshua Klapow, Ph.D., seperti yang ia katakan dalam Elitedaily.

1. Dengarkan dulu ceritanya

Sebelum menunjukkan reaksi kecewa, membuat penilaian, menghakimi atau menyalahkan, biarkan ia bercerita dulu dari sudut pandangnya. Dengarkan apa yang ingin ia sampaikan. hal ini penting diakukan terutama jika temanmu datang padamu sebagai teman curhat dan untuk mendapatkan dukungan.

2. Jangan buru-buru berpikiran buruk

Jangan buru-buru mengambil kesimpulan buruk, karena sebagai teman kamu perlu mengetahui apa duduk permasalahannya dan memahami apa yang sedang terjadi. Saat ini prioritasmu adalah membuatnya merasa nyaman denganmu untuk ia bisa terbuka.

3. Memberikan nasihat seperlunya

Bagaimana pun, ketika sudah mengetahui bahwa selingkuh ini buruk, nasihat yang paling baik sebagai teman adalah bersikap netral. Berikan nasihat agar ia memikirkan lagi hubungan cintanya dengan pasangan, dan mengakhiri perselingkuhan. Namun jangan terlalu memaksakan kehendak.

4. Jangan terlalu ikut campur

Hal yang perlu ditekankan dalam hal ini adalah, jangan terlalu mencampuri masalah pernikahan atau hubungan cintanya. Bagaimana pun yang paling tahu sebuah hubungan cinta adalah mereka yang menjalaninya. Jadi jangan terlalu menghakimi. Bantuan paling baik yang bisa dilakukan adalah mendengarkan curhat teman. Bukan tugasmu untuk mencarikan jalan keluar, mengarahkan atau bahkan mendukungnya.

Setelah semua hal di atas, rekomendasikan teman untuk menghubungi orang yang lebih profesional dalam membantu menyelesaikan masalah. Seberapa besar rahasia yang sudah ia ceritakan padamu, sebaiknya simpan sendiri tak perlu diumbar-umbar.

#ChangeMaker with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Hal yang Hanya Dilakukan dalam Persahabatan
Artikel Selanjutnya
Alasan Cuci Tangan Lebih Baik Bunuh Kuman Ketimbang Hand Sanitizer