Sukses

Lifestyle

5 Kreasi Sambal Tempe Plus-Plus yang Sedap

ringkasan

  • Sambal Tempe Plus Telur Orak-arik
  • Sambal Tempe Plus Jengkol
  • Sambal Tempe Plus Buncis

Fimela.com, Jakarta Makan nasi putih hangat dengan sambal tempe rasanya sungguh nikmat. Kadang kalau bosan dengan menu yang terlalu "berat", makan dengan tempe pun sudah cukup. Untuk membuat sambal tempe yang sedap, kita bisa membuat kreasi versi kita sendiri.

Kita bisa memadukan sambal tempe dengan aneka bahan lain. Seperti telur, jengkol, pete, hingga kemangi. Berikut ini rekomendasi Fimela tentang sambal tempe sedap yang bisa dibuat sendiri di rumah.

1. Sambal Tempe Plus Telur Orak-arik

Siapkan tempe goreng, lumatkan kasar. Orak-arik telur, sisihkan. Haluskan cabai rawit, cabai merah besar, bawang putih, bawang merah, tomat, terasi, gula, dan garam. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan tempe dan telur orak-arik ke tumisan bumbu. Tambahkan saus tiram. Koreksi rasa. Sambal tempe telur orak-arik siap dinikmati.

2. Sambal Tempe Plus Jengkol

Penggemar jengkol pasti doyan dengan sambal yang satu ini. Goreng tempe dan jengkol sampai matang. Tumis bumbu halus (cabai merah, bawang putih, bawang merah, tomat, dan garam) sampai harum. Masukkan tempe dan jengkol goreng. Aduk rata sampai bumbu cukup meresap. Sambal tempe jengkol siap disajikan.

3. Sambal Tempe Plus Kemangi dan Kencur

Goreng tempe setengah kering, sisihkan. Goreng cabai, tomat, bawnag putih, dan bawang merah hingga layu, lalu haluskan dengan menambahkan kencur, garam, dan gula. Campurkan tempe ke bumbu yang sudah dihaluskan. Ulek kasar. Sajikan dengan daun kemangi.

4. Sambal Tempe Plus Pete

Tempe dan pete digoreng terlebih dahulu. Ulek cabai merah, cabai rawit, bawang putih, dan bawang merah, lalu tumis sampai harum. Masukkan tempe dan pete. Aduk-aduk sebentar. Sajikan.

5. Sambal Tempe Plus Buncis

Siapkan tempe goreng. Tumis bawang putih yang sudah diiris sampai harum, masukkan buncis, aduk rata. Setelah itu masukkan irisan cabai dan bawang bombay yang sudah diiris. Tambahkan gula dan cabai giling secukupnya. Terakhir, masukkan tempe. Aduk rata. Hidangkan.

Dari tempe yang biasa bisa diolah jadi aneka kreasi sambal yang sedap. Semoga info ini bisa jadi referensimu dalam memasak, ya.

#ChangeMaker

;
Loading