Sukses

Lifestyle

Ini Sekian Bahan Oles Roti agar Permukaannya Mengkilap

Fimela.com, Jakarta Ketika datang ke toko roti, pasti menyenangkan melihat roti-roti yang permukaannya mengkilap cantik karena tampak enak dimakan. Sebelum dipanggang roti-roti ini memang sengaja diberi olesan agar permukannya indah dan agar menggugah selera.

Tapi tahukah bahan apa saja yang bisa dijadikan bahan oles roti sebelum dipanggang agar permukaannya mengkilap? Simak berikut ini.

1. Kuning telur

Kuning telur akan memberikan warna kuning keemasan mengkilap sekaligus mampu menambah rasa gurih pada kue atau roti yang dipanggang. Cukup campurkan 1 butir kuning telur dengan 1 sdm air. Saring campurannya agar sebelum dioles agar panggangan bagus.

2. Putih telur

Putih telur yang dicampurkan sedikit air adalah yang paling umum digunakan sebagai bahan pengkilap roti. Usahakan campurnya tidak terlalu kental agar roti tidak kaku.

3. Mentega atau margarin

Lemak seperti mentega dan margarin adalah andalan jika ingin mengkilapkan roti. Caranya, cairkan dulu di dalam microwave atau ditim, baru dioles ke adonan sebelum dipanggang. Hasilnya kuning keemasan namun tetap transparan.

4. Madu

Madu juga bisa dijadikan olesan roti namun digunakan setelah roti dipanggang. Caranya, panaskan dulu sebentar agar madu agak cair, oles tipis-tipis agar tidak membasahi roti.

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun juga bisa mengkilapkan roti, biasanya digunakan untuk roti-roti yang gurih karena aromanya yang sedap seperti roti sobek, pizza hingga croissant.

6. Susu cair

Susu cair biasanya dijadikan campuran telur, gula atau mentega sebagai olesan, karena membantu membuat olesan tidak terlalu kaku setelah roti dipanggang. Hasil roti akan lembut meski mengkilap.

7. Gula halus

Campurkan gula halus dengan sedikit susu, panaskan sebentar hingga menjadi karamel, dan bentuk inilah yang akan jadi bahan olesan. Campuran ini akan menambah rasa manis di permukaan roti. Oleskan sebelum roti dipanggang.

Itu dia sekian bahan yang bisa jadi bahan olesan adonan roti agar mengkilap dan tampak cantik. Kini juga ada bahan instan untuk coating roti di toko bahan makanan jika tak ingin repot membuat sendiri bahan oles atau coating. Pilih yang kamu suka Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading