Sukses

Lifestyle

Kenali Bahasa Cinta Pasanganmu, Cegah Perselingkuhan Terjadi

Fimela.com, Jakarta Perselingkuhan dalam pernikahan, kadang disebabkan masalah sepele, yakni komunikasi yang tidak “nyambung.” Komunikasi tidak selalu dalam bahasa verbal. Dalam mengungkapkan cinta dan kasih sayang, dikenal lima bahasa cinta. 

Gary Chapman mengenalkan bahasa cinta pertama kali melalui buku The Five Love Languages: How to Express Heartfelt Commitment to Your Mate yang terbit pada 1992. Lima bahasa cinta tersebut adalah afirmasi, hadiah, pelayanan, waktu yang berkualitas, dan sentuhan fisik.

Tidak saling memahami bahasa cinta pasangan inilah salah satu pemicu perselingkuhan. Dilansir dari Teman Bumil, tandanya adalah ketika istri mulai mengeluh, “Rasanya sudah kasih segalanya untuk suami, tetapi semua yang kulakukan selalu kurang untuknya.”

Terkadang, suami heran dengan tuntutan istri, “Aku kurang memberikan apalagi, sih? Semua kebutuhan kok, rasanya pernah cukup untukmu!”Konflik semacam itu apakah memang banyak ditemukan dalam hubungan suami istri? Teman Bumil, aplikasi untuk ibu milenial, melakukan studi kuantitatif pada lebih dari 1.400 responden wanita menikah berusia 20-40 tahun untuk menggali lebih dalam masalah bahasa cinta ini. 

Hasil yang didapat cukup mengejutkan, yaitu perbedaan bahasa cinta yang tidak dikomunikasikan dengan baik pada pasangan, sangat mungkin menimbulkan masalah atau kesalahpahaman dalam rumah tangga. Bahkan, bisa pula membuka celah untuk perselingkuhan!

Kenali Bahasa Cinta Pasanganmu

Bahasa cinta adalah karakter yang terbentuk sejak kecil. Ada orang yang senang dipuja dengan kata-kata, atau ada yang meyakini bahwa bentuk cinta adalah dengan pemberian hadiah. Tidak ada satu orang pun yang hanya memiliki satu bahasa cinta, tetapi umumnya hanya satu yang dominan. 

Indra Noveldy, seorang relationship coach dan konselor pernikahan menjelaskan, suami atau istri harus mengenali bahasa cinta pasangannya masing-masing, dan penuhilah. “Karena yang penting itu bukan bagaimana Anda merasa sayang kepada orang, tetapi apakah suami atau istri merasa disayang,” papar Indra kepada Teman Bumil.

Konsep memberikan bahasa cinta sesuai keinginan pasangan juga diperkuat dari hasil survei. Sekitar 98,9% responden menyatakan keinginannya agar para suami lebih memahami bahasa cinta mereka.

Menikah sekian tahun dan selalu menunjukkan rasa cinta dengan  mengatakan ‘I love you’ setiap hari, belum tentu membuat pasanganmu suka. Bisa jadi ia menginginkan lebih banyak waktu denganmu. Selain 5 bahasa cinta yang dipatenkan oleh Gary Chapman, Indra juga menemukan bahwa ada bahasa cinta lain yang dibutuhkan oleh seorang suami atau istri, yaitu kejelasan.

“Contoh, ketika suami sudah sampai di kantor, istri merasa disayang ketika suaminya memberikan kabar. Seringkali ini diartikan suami sebagai bentuk posesif atau tidak percaya dengan pasangan,” jelas Indra. Asumsi adalah salah satu mesin ‘pembunuh’ paling besar dalam sebuah hubungan. Padahal, apa salahnya menyenangkan pasangan dengan melakukan bahasa cinta ini? Hanya perlu beberapa detik kok, untuk mengirimkan kabar. 

 

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading