Sukses

Lifestyle

4 Alasan Penting Harus Belajar Mengatakan Tidak

Fimela.com, Jakarta Tidak, bukan hanya sepatah kata, itu adalah seluruh kalimat itu sendiri. Meski kata itu dianggap negatif dalam banyak kasus, mengatakannya dalam banyak situasi sangat penting untuk kebaikan dirimu. Mampu mengatakan "tidak" berarti dirimua dalah orang yang tahu nilai mereka dan tidak takut untuk mengejar kebutuhan dan keinginan mereka. Jika dirimu terus mengatakan "ya" untuk semua hal, mungkin akan mudah bagi orang lain untuk memanfaatkanmu. Nah, berikut ini beberapa alasan mengapa dirimu harus mengatakan "tidak"

Tidak Memiliki Tanggungan

Dirimu tidak memiliki tanggungan untuk melakukan sesuatu untuk orang lain terhadap keinginanmu sendiri. Jika dirimu terus mengatakan ia atas permintaan orang lain, mungkin saja mereka bisa memanfaakanmu kebaikan darimu dan mungkin dapat merugikan dirimu sendiri. Mulai sekarang belajarlah untuk mengatakan "tidak" pada hal-hal yang mungkin dapat merugikan dirimu sendiri.

Tidak Menetapkan Batasan

Sebagian besar bahkan semua orang membutuhkan batasan yang sehat. Ketika dirimu terus-menerus mengatakan "ya" mungkin saja batasan-batasan tersebut menjadi kabur. Menjadi orang yang selalu mengatakan "ya" atas keinginan orang lain, akan menempatkan kerugian yang kuat karena orang lain dengan mudah membuatmu melakukan apa pun yang mereka minta. Mengatakan "tidak" yang tulus dapat melindungimu dari orang lain yang berusaha memanfaatkanmu.

Tidak Dapat Mengendalikan Apa yang Orang Lain Pikirkan Tentangmu

Apa pun yang dirimu lakukan dan katakan, banyak orang dalam hidupmu akan menilaimu secara tidak adil dan tanpa pertimbangan. Tapi jangan bairkan ini menjatuhkanmu. Jika dirimu mendasarkan keputusanmu pada apakah akan menerima atau mengatakan tidak pada sesuatu pada apa yang akan dikatakan orang tentangmu, hentikan dari sekarang. Itu hanya akan menyebabkan dirimu merasa sakit.

Hanya Dirimu yang Dapat Mengidentifikasi Prioritasmu

Kehidupan yang bahagia lahir dari pilihan yang kuat. Jika dirimu tidak yakin tentang sesuatu, katakan saja "tidak". Jika ragu karena dirimu tidak merasakannya dalam hatimu, katakanlah "tidak".

Jangan pernah takut untuk mengatakan "tidak" pada seseorang yang ingin mengambil keuntungan darimu atau mungkin ingin memanfaatkanmu. Dirimu harus memiliki pendirian dan dapat mengambil keputusan dengan tepat.

#Changemaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Suplemen dari Ekstraksi Propolis untuk Melindungi Daya Tahan Tubuh
Artikel Selanjutnya
Tips Sederhana Menyimpan Daun Herbal dan Bumbu Rempah-Rempah Segar Agar Tahan Lama