Sukses

Lifestyle

3 Cara Tepat untuk Meningkatkan Energi Tubuh

Fimela.com, Jakarta Setiap ahli gizi atau dokter mungkin akan memberi tahu bahwa tingkat energi kita ditentunkan oleh variabel yak berujung baik dalam dan di luar kendali kita, seperti genetik atau usia. Tidur, tentu saja salah satu faktor terpenting untuk meningkatkan cadangan energi tubuh kita yang memang kita kendalikan. Tetapi makanan juga berperan penting dalam memberikan energi pada tubuh kita. Berikut ini cara mudah untuk meningkatkan energimu dengan makanan.

Sarapan Seimbang

Melewatkan sarapan atau melewatkan makanan yang tidak seimbang dan kaya karbohidrat di pagi hari pada akhirnya dapat menyebabkan kita lebih mudah lemas saat beraktivitas. Tubuh secara alami memecah jaringan otot di malam hari dan jika kita tidak membangun kembali jaringan otot dengan pasokan makanan sehat dapat menyebabkan energi dan pencernaan kita melambat.

Jika secara rutin mengonsumsi roti bakar, alpukat, atau untuk yang kurang protein dapat menambahkan telur rebus, salmon asap, atau selai kacang dapat bermanfaat untuk mengaktifkan fase pembentukan otot. Selain itu dirimu akan merasa kenyang lebih lama.

Berhenti Mengonsumsi Camilan Sebelum Tidur

Jika dirimu makan terlalu malam, itu mungkin dapat megganggu tidurmu, dan dapat merusak hormon nafsu makan dan akhirnya memengaruhi proses metabolisme tubuhmu. Jika merasakan lapar di malam hari, mungkin makan malammu terlalu ringan atau mungkin karena alasan lain. Cobalah untuk mengurangi mengonsumsi camilan di malam hari. Ditambah dengan kebiasaan tidur tepat waktu untuk mengoptimalkan tingkat energimu.

Memasak Makanan Sendiri

Memasak kadang-kadang bisa terasa lama. Dalam hal ini banyak orang-orang beralih pada seringnya mengonsumsi makanan enak, yang melalui banyak proses. Tubuhmu dirancang untuk mencerna dan metabolisme makanan untuk mendapatkan energi yang dibutuhkannya. Jadi, jika dirimu rutin mengonsumsi makanan olahan lebih dari makanan untuh, mungkin dirimu mempersingkat proses ini. Hal ini akan membuatmu merasa lesu dan tidak memiliki energi untuk melakukan aktivitas.

Konsumsi Camilan yang Baik untuk Meningkatkan Energi

Makanan ringan terbaik dibuat dengan bahan makanan utuh, seperti yogurt, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran. Makanan ini menyediakan semua bahan mentah yang dibutuhkan tubuh untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, mengoptimalkan pencernaan, melindungi tubuh dan otak. Selain itu makanan utuh memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh.

Ternyata hal-hal yang mungkin terlihat sepele memiliki pengaruh besar untuk kesehatan tubuh kita, terlebih untuk asupan nutrisi harian. Sebaiknya tetap terapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi. Jangan lupa untuk sarapan di pagi hari Sahabat Fimela.

#Changemaker

;
Loading