Sukses

Lifestyle

Minum Kopi pada Pagi Hari, Pahami 4 Hal Penting Ini

ringkasan

  • Hindari Bangun Tidur Langsung Minum Kopi
  • Perhatikan Waktu Terbaik Minum Kopi pada Pagi Hari
  • Imbangi dengan Sarapan

Fimela.com, Jakarta Bagi sebagian orang, minum kopi pada pagi hari menjadi semacam ritual sendiri. Seakan selalu ada yang terasa kurang bila belum minum kopi pada awal hari. Namun, ada beberapa hal penting yang perlu diketahui mengenai minum kopi pada pagi hari.

Kopi mengandung kafein. Kafein adalah 100% bahan alami yang dapat dengan mudah diesktrask dari tumbuhan. Sumber alami kafein meliputi biji kakao, daun teh, dan biji kopi. Kafein memiliki fungsi untuk membuat kita terjaga, sehingga tak heran banyak yang mengandalkan minuman berkafein seperti kopi untuk memulai hari. Meminum kopi pada pagi hari, pahami hal-hal berikut ini.

1. Hindari Bangun Tidur Langsung Minum Kopi

Melansir colossalsleep.com, langsung minum kopi begitu bangun tidur adalah hal yang kurang baik. Kenapa? Karena dalam kurun waktu satu jam pertama setelah kita bangun, tubuh kita memproduksi kortisol. Kortisol dikenal sebagai "hormon terjaga" yang diproduksi saat kita menghadapi situasi penuh stres atau tekanan. Jika kita langsung minum kopi setelah bangun, maka kita bisa makin stres. Minum kopi di saat produksi kortisol meningkat malah bisa meningkatkan stres.

2. Perhatikan Waktu Terbaik Minum Kopi pada Pagi Hari

Setidaknya perlu menunggu waktu satu jam setelah bangun untuk bersiap menikmati kopi. Bagi yang sudah terbiasa atau bahkan kecanduan kopi pada pagi hari, mungkin hal ini sulit dilakukan. Namun, hal tersebut perlu dilakukan untuk bisa menjalani hari dengan lancar. Waktu terbaik untuk minum kopi adalah antara pukul 09.30 - 11.30 dan 13.30 - 17.00. Rentang waktu terbaik minum kopi adalah setelah kadar kortisol dalam tubuh menurun.

 

3. Imbangi dengan Sarapan

Bagi yang terbiasa minum kopi saat perut kosong, kini saatnya untuk mengubah kebiasaan tersebut. Minum kopi saat perut kosong bisa mengganggu sistem metabolisme tubuh. Bahkan bisa memicu naiknya asam lambung. Tidak sarapan bisa memperlambat metabolisme tubuh dan meningkatkan risiko gangguan kesehatan. Ada baiknya kopi diminum setelah makan atau setelah sarapan.

4. Jangan Berlebihan Mengonsumsi Kopi pada Pagi Hari

Walau terasa sangat mengantuk, sebaiknya tetap kontrol diri untuk tak mengonsumsi kopi berlebihan pada pagi hari. Segelas atau secangkir kopi yang mengandung 200 mg kafein sudah cukup untuk membantu kita terjga selama dua jam. Melansir esquire.com, minum kopi lebih dari 200 mg dalam kurun waktu dua jam malah bisa meningkatkan rasa gelisah. Jadi, konsumsi kopi secukupnya saja, ya.

Itu dia empat hal penting yang perlu dipahami terkait minum kopi pada pagi hari. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

 

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading