Sukses

Lifestyle

7 Fakta Terbaru tentang Virus Corona agar Tidak Panik dan Tetap Tenang

Fimela.com, Jakarta Mungkin sulit untuk tetap bersikap tenang di tengah pemberitaan tentang virus Corona saat ini. Mungkin kamu juga sudah melihat banyak perubahan pada cara hidup, bekerja, dan berpergian yang dilakukan oleh orang-orang.

Namun, jangan khawatir secara berlebihan. Melansir dari huffpost.com, Kamis (12/3/2020), berikut ini adalah beberapa fakta terbaru tentang wabah virus Corona yang bisa membuatmu lebih relaks. 

1. Banyak orang berhasil sembuh dari penyakit ini

Harvard Health melaporkan banyak orang yang terjangkit oleh virus Corona berhasil sembuh. Ada lebih dari 66.000 orang di seluruh dunia telah pulih dari penyakit ini.

2. Gejalanya ringan

Para ahli mengatakan jika kasus virus Corona dapat memiliki gejala yang berkisar dari ringan hingga berat, bahkan beberapa kasus di antaranya tidak memiliki gejala. Gejalanya dapat berupa demam, batuk, atau terkadang mual dan diare.

Dalam kasus yang lebih parah, ada yang mengalami sesak napas, nyeri dada, dan radang paru-paru. Dokter menyarankan untuk mengatasi gejala-gejala ini dengan obat-obatan untuk demam, minum banyak air putih, dan banyak istirahat.

3. Virus Corona tidak menyebar melalui makanan

Cara utama penyebaran dari virus Corona ini adalah melalui kontak dekat antar manusia, tetesan air liur, dan menyentuh permukaan yang terinfeksi lalu menyentuh wajah.

4. Virus Corona tidak menyebar melalui hewan peliharaan

Beberapa bukti menunjukkan jika anjing dan kucing mungkin dapat terjangkit virus Corona, namun kecil kemungkinan kedua hewan ini dapat menularkannya ke manusia.

5. Virus ini akan hilang ketika suhu udara menghangat

Belum ada kesimpulan pasti tentang kapan wabah ini akan berakhir, namun beberapa ahli percaya jika musim semi adalah peluang bagus untuk memperlambat penyebaran virus ini.

6. Para ilmuwan sedang mengerjakan vaksin untuk virus ini

Mungkin vaksin ini tidak akan tersedia dalam waktu dekat, namun diperkirakan akan siap dalam 12 hingga 18 bulan ke depan.

7. Salah satu pencegahan terbaik saat ini adalah dengan mencuci tangan

Para pakar menyarankan untuk mencuci tangan dengan air hangat dan sabun setidaknya selama 20 detik atau lebih. Selain itu, hindari menyentuh wajah dengan tangan kotor.

Intinya adalah sekarang kamu harus bertanggung jawab terhadap kebersihan diri sendiri dan lingkungan sekitar, satu-satunya cara agar terhindar dari terjangkit virus Corona ini. Sebab itu, kita harus menghadapi virus corona dengan tenang dan tetap waspada. 

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading