Sukses

Lifestyle

Sudah Rutin Olahraga, tapi Kenapa Berat Badan Malah Bertambah?

Fimela.com, Jakarta Olahraga rutin bisa memberi banyak manfaat positif untuk tubuh. Kesehatan tubuh bisa lebih terjaga. Serta bagi yang sedang berupaya diet menurunkan berat badan, olahraga rutin perlu dilakukna. Namun, ada yang malah berat badannya naik setelah rutin olahraga, hm... kenapa bisa begitu?

Penyebab berat badan malah bertambah ketika sudah rutin olahraga bisa karena beberapa faktor. Mulai dari faktor makanan hingga masalah kurang tidur. Berikut uraiannya.

1. Masih Berlebihan Mengonsumsi Makanan Berminyak dan Bergula

Melansir timesofindia.indiatimes.com, kebiasaan makan kita berpengaruh besar pada naik turunnya berat badan. Meski sudah olahraga rutin, tapi jika sehari-hari masih mengonsumsi makanan berminyak dan bergula maka berat badan bisa bertambah. Cobalah untuk mengganti camilan tidak sehat dengan yang lebih sehat seperti buah-buahan dan biji-bijian. Serta, cukupi kebutuhan nutrisi tanpa makan berlebihan.

2. Retensi Cairan

Sering kita mendengar bahwa minum banyak air putih dapat bantu menurunkan berat badan. Namun, terkadang kebanyakan minum air putih malah bisa membuat berat badan naik. Menenggak air putih terlalu banyak dalam sehari dapat menyebabkan retensi cairan dan menyebabkan perut kembung. Selama olahraga, hindari minum air berlebihan karena nantinya tubuh justru akan menahan cairan tersebut dan menghambat proses pemulihan alami tubuh. Minum air putih setiap kali jeda olahraga dalam batas cukup.

3. Kurang Tidur

Kurang tidur atau tidur tidak teratur bisa menaikkan kadar kortisol dalam tubuh. Kadar kortisol ini bisa meningkatkan nafsu makan yang membuat kita makan lebih banyak daripada yang dibutuhkan tubuh. Maka, untuk menjaga kadar kortisol dalam tubuh kita perlu mendapat tidur yang cukup. Dengan begitu, nafsu makan pun bisa lebih stabil.

4. Massa Otot Meningkat

Banyak orang yang malah mengalami kenaikan massa otot alih-alih penurunan berat badan saat rutin olahraga. Hal ini dapat terjadi saat kita salah memilih jenis olahraga. Ada banyak jenis olahraga yang bisa kita pilih, hanya saja tak semuanya bisa bantu menurunkan berat badan. Jika tujuanmu berolahaga untuk menurunkan berat badan, maka perlu lebih jeli lagi dalam memilih jenis olahraga yang ditekuni.

Empat hal di atas merupakan penyebab umum berat badan naik ketika sedang rutin olahraga. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Seperti Ini Keindahan Pemandangan Padang Savana Bromo
Artikel Selanjutnya
Zodiak Mingguan 16-22 Maret, Ini Zodiak yang Hadapi Karir Terburuk