Sukses

Lifestyle

Perut Kembung saat Haid? Coba Redakan dengan 4 Tips Simpel Ini

ringkasan

  • Kurangi Asupan Garam
  • Minum Air Putih
  • Gerakkan Anggota Badan

Fimela.com, Jakarta Saat sedang haid, ada banyak hal tak nyaman yang akan kita rasakan. Apalagi jika kita dalam kondisi stres atau super sibuk, maka tubuh akan terasa sakit semua ketika sedang haid. Salah satu masalah yang kerap dialami perempuan yang sedang haid adalah perut kembung.

Kenapa perut kembung saat haid? Melansir sheknows.com, menurut dr. Anna Cabeca, hormon seperti estrogen dan progesteron meningkat saat sedang haid, sehingga cairan dan sodium dalam tubuh meningkat sebanyak sekitar 5-10 pon. Untuk meredakan perutm kembung saat haid, ada beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan. Seperti cara-cara berikut ini.

1. Kurangi Asupan Garam

Sebisa mungkin kurangi dan batasi makanan yang mengandung garam. Konsumsi garam berlebihan bisa menyebabkan penumpukan lebih banyak sodium dan air di dalam tubuh. Sekalipun kita merasa sangat ingin mengonsumsi makanan asin, sebaiknya batasi konsumsinya. Berlebihan konsumsi makanan yang mengandung garam bisa semakin memperparah kondisi perut kembung saat haid.

2. Minum Air Putih

Ginjal kita butuh cukup air untuk membuang kotoran dan memaksimalkan fungsi organ tubuh kita. Bila tubuh kekurangan cairan, ginjal akan menahan cairan dan menyebabkan kembung. Hindari minuman beralkohol. Batasi minuman berpemanis dan berkafein. Air putih bisa cukup efektif bantu atasi perut kembung bila diminum dalam kadar yang cukup.

3. Gerakkan Anggota Badan

Saat sedang mengalami gejala PMS, kadang kita sangat malas dan enggan untuk menggerakkan tubuh. Namun, justru dengan menggerakkan anggota badan, masalah perut kembung bisa kita cegah. Aktivitas fisik dapat memperlancar aliran darah dan mencegah penumpukan cairan di dalam tubuh. Semakin aktif kita berolahraga, semakin banyak keringat yang keluar dan penumpukan cairan di dalam tubuh berkurang. Masalah perut kembung pun bisa reda.

4. Kompres Hangat

Siapkan heating pad atau botol yang diisi dengan air hangat untuk mengompres perut. Kompres hangat dapat bantu melancarkan aliran darah. Rasa sakit dan kembung karena PMS bisa reda perlahan. Imbangi juga dengan cukup istirahat. Kurangi aktivitas yang terlalu padat dan redakan stres.

Semoga tips-tips sederhana ini bisa bantu redakan masalah perut kembung saat haid, ya. Jika masalah perut kembung cukup mengganggu saat haid, coba periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan dan perawatan yang lebih tepat.

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Bantu Tanggulangi Penyebaran Virus Corona Lewat Kampanye Sejuta Masker
Artikel Selanjutnya
Jaga Kesehatan di Rumah, 10 Makanan Ini Tingkatkan Imunitas Tubuh